Home / BANGKA BELITUNG / Basarnas Babel Siap Siaga Amankan Arus Mudik di Tanjung Kalian Muntok

Basarnas Babel Siap Siaga Amankan Arus Mudik di Tanjung Kalian Muntok

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Menjelang Idul Fitri 1439 H, arus mudik pada H-4 mengalami kelonjakan kenaikan di beberapa tempat.

Kepala Basarnas Bangka Belitung, Deden Ridwansyah menyampaikan, berdasarkan pantauan pihaknya bahwa terjadi kenaikan arus mudik ini di beberapa tempat khususnya di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok.

“Sangat terlihat yang antri di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok ini untuk penyebrangan dari Pulau Bangka ke Palembang yang mengalami kemacetan mencapai 3 KM, ini merupakan kelonjakan akibat libur panjang dan cuti bersama,” ujarnya, Selasa (12/6/2018).

Deden mengatakan, selama liburan dan arus mudik Tim Basarnas Babel selalu siaga di tempat-tempat keramaian untuk memberikan pelayanan SAR. Ini merupakan tindakan kesiapsiagaan apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan.

“Tim Basarnas Babel dapat merespon secara cepat. Selain itu juga Basarnas berkordinasi secara insentif dengan para stakeholder terkait di beberapa posko gabungan yang dibentuk seperti Polri, TNI, Dishub dan instansi lainnya,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan sepanjang arus mudik dari H-7 sampai dengan sekarang masih berjalan kondusif dan aman belum ada kejadian yang menonjol,” jelasnya.

“Saya menghimbau untuk para pemudik agar tidak memaksakan diri apabila menggunakan transportasi memang dikiranya sudah melebihi muatan, kita utamakan keselamatan lah, jangan sampai hal – hal yang tidak kita inginkan terjadi,” imbuhnya.

Deden menambahkan, selama siaga SAR khusus lebaran ini para Tim yang telah ditempatkan di beberapa lokasi akan selalu melaporkan secara langsung kepada com center yang ada diposko Induk Basarnas Babel.

“Inilah acuan Basarnas Babel untuk membuat perencanaan siaga di tahun yang akan datang,” tutupnya. (Rill/Wa)

About winadestika

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish