Home / BANGKA BELITUNG / Penumpang Membludak, ASDP Optimalisasi Trip Kapal

Penumpang Membludak, ASDP Optimalisasi Trip Kapal

MUNTOK, LASPELA – Antrian kendaraan roda empat sepanjang sekira 600 meter pada hari ini, Senin ( 11/6/2018 ) tampak mengular di sepanjang jalan Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Bangka Barat. Begitu pula dengan bagian dalam pelabuhan tampak pemandangan yang sama.

Kepadatan kendaraan roda empat, roda dua maupun penumpang pejalan kaki yang akan menyeberang dengan kapal ferry pada hari ini tidak berbeda jauh dengan H – 5 kemarin, Minggu (10/6 ).

” Kemarin ada antrian yang cukup lumayan juga ya sampai ke Batu Rakit. Memang kalau kita melihat data kemarin, yang disebrangkan untuk kendaraan roda empat itu mencapai 397, jadi jauh lebih tinggi daripada puncak tahun yang lalu. Hari ini pun tidak beda jauh dengan kemarin,” jelas General Manager PT. ASDP Wahyudi Susianto saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Kalian, Senin ( 11/6 ).

Wahyudi pun memberikan data kendaraan maupun pejalan kaki yang berangkat pada H – 5 kemarin, Minggu ( 10/6 ). Meskipun belum diprediksikan sebagai puncak arus mudik, namun kata Wahyudi jumlah penumpangnya sudah jauh melebihi puncak tahun 2017 kemarin.

” Kendaraan roda dua kemarin cukup tinggi juga mencapai 522 dan pejalan kaki 3.788. Artinya kemarin semuanya jadi puncak, bisa jadi hari ini juga puncak. Ketika tiba – tiba semua orang berangkat pasti terjadi antrian,” paparnya lagi.

Untuk mengantisipasi membludaknya penumpang, pihak PT. ASDP dikatakan Wahyudi, melakukan optimalisasi trip dengan mengerahkan 12 trip selama 24 jam penuh.

” Yang paling mungkin kami lakukakan adalah optimalisasi trip. Kami dermaga juga cuman satu, jadi dengan mengoptimalkan pelayanan, dalam beberapa hari ini 12 trip kita pertahankan. Dan semoga kami semua crew kapal disini sehat semua lah supaya mengejar operasional 24 jam itu,” pungkasnya. ( SK )

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish