Home / BANGKA BELITUNG / Pariwisata Ingin Maju? Babel Harus Perbanyak Event dan Promosi
Direktur Pemberitaan Media Indonesia, Usman Kansong | Foto: doc. pribadi

Pariwisata Ingin Maju? Babel Harus Perbanyak Event dan Promosi

Oleh: Stefanus H. Lopis | Wartawan LASPELA Group 

PANGKALPINANG, LASPELA- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) harus terus menggenjot sektor pariwisata untuk mendongkrak perekonomian. Hal penting yang tidak boleh dilupakan ialah memperbanyak event dan promosi wisata.

Demikian disampaikan Direktur Pemberitaan Media Indonesia (MI), Usman Kansong, di Pangkalpinang, Sabtu 2 Juni 2018.

Menurut kandidat doktor Ilmu Komunikasi UI itu, Babel memiliki banyak potensi dalam bidang pariwisata. Namun sayang, akses informasi mengenai pariwisata Babel masih minim.

“Saya melihat potensi wisata di Babel ini sangat luar biasa tidak hanya wisata pantainya saja tapi juga wisata budaya dan kulinernya. Supaya orang lebih banyak yang tahu tentang Babel, maka Pemda harus memperbanyak event serta promosi objek-objek wisata yang direkomendasikan untuk dieksplore wisatawan,” kata Usman Kansong.

Usman optimistis, sektor wisata bisa menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Babel. “Tapi memang kepala daerah harus kreatif, mindset warga harus diubah untuk tidak melulu melihat tambang timah sebagai satu-satunya sumber pendapatan, selain juga kesiapan SDM,” imbuhnya kepada LASPELA.

Usman mencontohkan tentang Banyuwangi di Jawa Timur yang punya alokasi APBD untuk event wisata kecil, tapi promosi wisatanya begitu luar biasa.

“Disini butuh kreatifitas kepala daerah, meski anggaran kecil tapi kan bisa kerjasama sponsor. Babel bisa mencontohi Banyuwangi dengan mencari kearifan lokal untuk kemudian dijadikan semboyan. Komunitas-komunitas masyarakat juga harus diedukasi biar ramah terhadap wisatawan,” katanya memungkasi.

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish