Desa Jeriji Siap Kembangkan Sungai ” Little Amazon”

Oleh : Nopranda Putra

T

OBOALI, LASPELA – Destinasi wisata yang terletak di desa Jeriji saat ini membuat decak kagum para pengunjung, pasalnya terdapat objek wisata yang berbeda bila dibandingkan dengan daerah yang lain, yakni sungai yang mirip anak sungai Amazon di negara bagian Amerika yang biasa pengunjung menyebutnya “Little Amazon”.

Dengan semakin banyaknya pengunjung yang menikmati keindahan alam dengan rimbunan hutan yang lebat serta aliran sungai yang jernih, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Batin Jiwat Desa Jeriji berencana akan mengembangkan Objek Wisata alami tersebut untuk di percantik lagi agar semakin menarik para pengunjung lokal maupun luar negeri.

Dikatakan Direktur BUMDes Batin Jiwat Desa Jeriji, Wiwin Suseno, sejak ditetapkannya kepengurusan Bumdes Batin Jiwat Desa Jeriji melalui musyawarah desa, pihaknya mulai menggali potensi desa yang dapat dikembangkan untuk mendongkrak Pendapat Asli Desa (PADes).

“Saat kita ditetapkan sebagai pengurus Bumdes kita langsung memasukkan Pengembangan Pariwisata Sungai Little Amazon kedalam salah satu program jangka pendek desa Jeriji karena sebelumnya kami bersama Ibu Ekawati Justiar telah meninjau ke sungai Little Amazon itu, untuk melihat potensi yang dapat digali,” kata Wiwin.

Apalagi lanjut Wiwin, di pernah dikontak oleh Tim Pesona Indonesia wilayah Batam beberapa waktu lalu terkait Pengembangan Objek wisata Little Amazon tersebut, dan ini sebuah peluang untuk untuk BUMDes dan perangkat desa Jeriji mengangkat objek wisata di daerah tersebut.

Tak hanya itu, lanjutnya juga terdapat titik – titik potensi pariwisata yang bisa dikembang di sungai tersebut diantaranya Wisata Permainan air, Wisata Pemancingan dan Wisata Sejarah Makam Batin Jiwat (Sesepuh Desa Jeriji).

“Dengan berkembangnya beberapa potensi pariwisata di desa Jeriji akan menciptakan PADes Jeriji melalui penyewaan alat permainan air, sewa Sport pemancingan, sewa perahu dan paket kuliner khas lempah kuning ikan segar sungai Jeriji yang akan disajikan di Shelter-shelter yang akan di bangun di sepanjang pinggiran sungai,” ujarnya yang berharap dapat dukungan masyarakat desa Jeriji, Pemdes Jeriji, BPD Jeriji dan Pemkab Basel.

Sementara itu kepala desa Jeriji A. Iswandi, SP berharap BUMDes Jeriji dan Pemdes Jeriji dapat bersinergi dalam mengembangkan potensi wisata yang dapat memberi manfaat kepada masyarakat serta menjadi pemasukan PADes Jeriji.

“Tentunya Pemdes tetap mendukung program yang dikembangkan oleh BUMDes Jeriji dengan menggali berbagai potensi yang ada di desa kami salah satunya potensi wisata sungai sehingga bumdes jeriji nantinya memang benar-benar mampu menjadi ujung tombak PADes Jeriji,” ungkapnya.