BEM-FE UBB Bersama Ormawa KM FE UBB Menyelenggarakan Edupreneur Competition 2018

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung kembali menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan yakni Bangka Belitung Edupreneur Competition 2018, dengan tema “Upgrading Your Life” yang diselenggarakan pada tanggal 23-26 April 2018.

“Selain Edupreneur Competition 2018 Ini juga merupakan acara gabungan yang di selenggarakan oleh Ormawa KM FE UBB,” kata Ketua Pelaksana, Dilla Augustine Kolina, Senin (23/4/2018).

Dilla menyampaikan terdiri dari 4 rangkaian kegiatan diantaranya Nasional Bisnis Plan, Lomba Cerdas Cermat (LCC) Akuntansi, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta Economy Preneurship.

“Nasional Bisnis Plan di selenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMAMA), lomba cerdas cermat akuntansi untuk tingkat SMA, SMK, Se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta tingkat mahasiswa fakultas ekonomi, yang di selenggarakan oleh himpunan mahasiswa akuntansi, serta lomba karya tulis ilmiah tingkat SMA, SMK Se-Babel di selenggarakan oleh himpunan mahasiswa ilmu ekonomi, serta Economy Preneurship yang dilaksanakan oleh badan eksekutif mahasiswa,” ujarnya.

Ia mengatakan, selain itu ada pihaknya juga menyelenggarakan beberapa agenda lain dengan bekerjasama beberapa pihak seperti 3C, Talkshow, donor darah bersama PMI, service honda, serta foto chalange.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan seperti yang di ketahui dalam kegiatan Edupreneur Competition 2018 ini untuk jumlah pendaftar mengalami peningkatan di bandingkan tahun 2017, dimana pada tahun 2018 ini terdapat 18 tim untuk tingkat SMA dan SMK serta 9 tim untuk tingkat mahasiswa, dengan berbagai seleksi maka terpilih 14 tim untuk tingkat SMA dan SMK, serta 9 tim untuk tingkat mahasiswa.

“Upaya yang kita lakukan kedepan yakni melakukan inovasi-inovasi baru bagaimana cara mempromosikan kegiatan ini agar lebih di kenal lagi sehingga menjadi suatu yang baru agar menarik peminat. Diharapkan untuk kedepan peminatnya semakin tinggi dalam mengikuti kegiatan Edupreneur Competition 2018 ini,” ungkapnya.

Mengingat kegiatan ini merupakan gabungan dari Ormawa KM FE UBB, Dilla menyebutkan bahwa kegiatan ini lebih di tonjolkan wirausahaan karena yang mengikuti kegiatan dan mengisi 14 stand ini dari fakultas ekonomi sendiri.

“Kami berharap di fakultas ekonomi ini bukan hanya sekedar belajar saja tetapi ada usaha yang bisa di tampilkan, serta kami juga berupaya untuk mempromosikan Babel ini seperti pariwisata,” imbuhnya.

Ia menambahkan, sebanyak 14 stand yang ikut meramaikan kegiatan tersebut mulai dari kuliner seperti makanan, minuman serta galeri juga ikut di tampilkan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi UBB, Dr. Reniati menyampaikan sangat menghargai dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini karena ini kegiatan murni dari mahasiswa.

“Event yang sangat luar biasa gabungan dari BEM, HIMAKSI, HIMAMA dan HIMIKO. Tentu apresiasi ini saya berikan karena ini kegiatan murni dari mereka semua. Walaupun dananya sangat terbatas tetapi dengan semangat mereka bekerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk mensukseskan kegiatan ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya jumlah peningkatkan jumlah peserta kegiatan Edupreneur Competition 2018 ini yang mana sudah di laksanakan sejak tahun 2014.

“Saya mencatat beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan diantaranya Nasional Bisnis Plan, Lomba Cerdas Cermat (LCC) Akuntansi, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, serta Economy Preneurship,” jelasnya.

Lebih lanjut, Reniati mengungkapkan melalui kegiatan ini pihaknya sudah mendatangkan 5 universitas dari luar Bangka Belitung. Diantaranya Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, serta Universitas Muhammadiyah Surakarta.

“Dengan hadirnya 5 Universitas di Babel ini saya harapkan untuk tahun depan harus sudah memiliki kegiatan yang di tingkat nasional,” tutupnya.

Selain itu, Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf mengatakan dengan adanya kegiatan Edupreneur Competition 2018 yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi sudah sangat tepat.

“Karena kita semua tahu bahwa semua hajat hidup dari pribadi dan sebagainya menyangkut dengan aspek ekonomi,” ujarnya.

Ia menyampaikan Posisi mahasiswa fakultas ekonomi sangat bagus dalam mengambil peran disini.

“Karena seperti diketahui bahwa saat ini di era modern segala sesuatu baik itu teknologi sudah berkembang pesat. Maka kalau kita tidak bisa menyesuaikan teknologi dan informasi ini maka kita akan ketinggalan,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf, Dekan FE UBB Dr. Reniati, Staf ahli Kabupaten Bangka bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kebudayaan, Zulkarnain Idrus, Wadek 1, Karmawan, Wadek 2 Suhaidar, Kajur Manajemen. Akuntansi dan Kepala prodi Ekonomi, Ormawa di lingkup UBB, serta Pewakilan pihak sponsor.

Peresmian kegiatan tersebut dilakukan lansung dengan pemukulan Gong oleh Rektor UBB Dr. Ir. Muh Yusuf. (WA)