Gedung Basel Library Akan Dibangun Di Toboali Pada 2019

  • Menelan Biaya Rp 17 Miliar Melalui APBN

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Demi mencerdaskan anak bangsa melalui minat baca di Kabupaten Bangka Selatan (Basel). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Basel akan mencanangkan pendirian gedung Basel Library di ibu kota Kab. Basel.

Perencanaan didirikannya gedung Basel Library akan menelan dana cukup besar, yakni senilai Rp. 17 Miliar dengan luas 1.650 meter persegi. Anggaran yang akan terserap dibangunnya gedung tiga lantai ini dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019.

“Ini sudah kita ajukan ke Kementerian Pendidikan dan masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019,” sebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Basel, Narwanto kepada wartawan, Kamis (22/3).

Menurutnya, pembangunan Basel Library menjadi salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Basel. “Anggaran yang diajukan sebatas pendirian bangunan fisik saja, Anggaran untuk pengembangan isi dan kelengkapan fasilitas diajukan kemudian setelah pembangunan fisik selesai,” ujarnya.

Sedangakan, untuk tahap pembangunannya masih dalam tahap proses lebih lanjut, dan akan di mulai pembangunannya tahun 2019 mendatang. “Untuk saat ini masih dalam penyusunan anggaran dan kalau penyusunan DED sudah selesai, insya Allah tahun 2019 sudah mulai berjalan pembangunanya,” tukas Narwanto.