banner 728x90

Polda Babel Gelar Simulasi Pengamanan Pilkada 2018

banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

Oleh : Wina Destika

PANGKALPINANG, LASPELA – Sebagai upaya menjaga kondusivitas pesta demokrasi serta mengantisipasi agar tidak terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan, Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar simulasi pengamanan Pilkada 2018, yang di laksanakan dihalaman Kantor Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Rabu (14/3/2018).

banner 325x300

Polda Provinsi Bangka Belitung bersama dengan Polri, TNI, dan Forkopimda menggelar Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota dan satuan Tri Patra berkaitan dengan penanganan politik sosial dalam rangka pilkada serentak 2018.

Kapolda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen (Pol) Syaiful Zachri mengataka bahwa simulasi ini dilaksanakan guna persiapan pilkada serentak 2018 agar dapat berjalan lancar.

“kita laksanakan simulasi ini untuk membiasakan atau melatih diri kita sendiri baik satuan masing-masing ,pergerakan pleton, satuan kompi atau gabungan lintas dengan rekan-rekan yang lain, agar siap mengantisipasi kumungkinan gangguan yang terjadi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, Polda bersama dengan Polri, TNI akan melakukan evaluasi dari simulasi yang telah dilakukan dan mempelajari Standard Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan agar masing-masing mengetahui tanggung jawabnya.

“Kedepan kita juga akan melakukan pelatihan mendadak sehingga perlu persiapan dan pada seluruh pihak terkait, kami meminta dukungan dan kerjasamanya agar nantinya pelaksanaan pilkada berjalan lancar,” ungkapnya.

Kapolda Brigjen (Pol) Syaiful Zachri menyampaikan, adapun kegiatan simulasi pengamanan Pilkada tahun ini melibatkan 750 personel gabungan.

“Sebanyak 750 personel yang diterjunkan pada simulasi ini merupakan pasukan gabungan Polri dan TNI dalam mewujudkan pilkada kondusif,” paparnya.

Ia menambahkan pelaksanaan Pilkada di Provinsi Kepulauan Babel terkenal kondusif, aman, damai dan bermatabat.

“Meski terkenal kondusif, kami tetap siaga dan mewaspadai berbagai kemungkinan terjadinya gangguan keamanan yang mengganggu pesta demokrasi di daerah ini,” imbuhnya.

Kapolda Brigjen (Pol) Syaiful Zachri menilai dengan adanya kesiapsiagaan anggota menghadapi potensi konflik selama kampanye dan pencoblosan hingga pelantikan wali kota dan bupati terpilih pada Pilkada 2018.

“Kami mengimbau masyarakat menjaga keamanan di lingkungannya dan tidak terpancing isu serta berita bohong yang akan mengganggu keamanan menjelang pesta demokrasi tahun ini,” harapnya.

Kegiatan disaksikan langsung oleh Karo Mulitmedia Mabes Polri Brigjen (Pol) Rikawanto, Kapolda Brigjen (Pol) Syaiful Zachri, Komandan Korem 045/Garuda Gaya Kolonel Inf Abdurrahman, Sekda Babel Yan Megawandi, serta Forkopimda. (Wa)

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version