Ketua KONI Babel, Elfandi: Butuh Dukungan Semua Stakeholder untuk Olahraga Berprestasi

Oleh: Abdullah Randi

PANGKALANBARU, LASPELA– Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Provisinsi Bangka Belitung, masa bhakti 2017- 2021, resmi dilantik secara langsung oleh Ketua umum KONI Pusat Mayjen (Purn) Tono Suratman, yang ditandai penandatanganan berkas acara pengukuhan dan pelantikan serta penyerahan Bendera KONI kepada Ketua KONI Babel yang baru di Ballroom Soll Marina Hotel, Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu (24/2/2018).

Ketua Umum KONI Babel, Elfandi Mochtar dalam sambutannya mengatakan, kepengurusan KONI yang baru merupakan langkah besar guna meraih prestasi olahraga Babel, baik di kancah nasional maupun internasional. Untuk menggapai prestasi ini, KONI Babel membutuhkan dukungan semua pihak.

“KONI tidak bisa berbuat apa-apa tanpa dukungan semua pihak. Karenanya kami berharap dukungan semua itu, demi prestasi olahraga di Bumi Serumpun Sebalai ini,” ucapnya.

Pengurus yang baru, lanjut dia, tidak bisa berlama-lama lantaran di depan mata sudah menunggu event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Babel V di Bangka Tengah pada bulan Juni 2018 nanti.

“Agenda kita, tidak lama lagi kita ada multi event Porprov V. Mohon dukungan semua pihak, karena Porprov ini cikal bakal barometer olahraga di Babel. KONI Babel berusaha melakukan terobosan prestasi yang maksimal sehingga mampu mengharumkan nama Babel, baik di level nasional maupun internasional. Kita ingin Babel lebih dikenal daerah lain melalui prestasi olahraganya dan kita optimis,” kata Elfandi.

Dirinya menambahkan pengurus KONI Babel juga telah menyiapkan program Babel Emas, untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua Tahun 2020 mendatang.

“Akan tetapi program yang sudah disusun sedemikian tidak akan maksimal tanpa dukungan bapak Gubernur, anggota Dewan dan masyarakat serta semua pihak, semuanya akan terasa sia-sia,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Bangka Belitung (Babel), H Erzaldi Rosman Djohan mengimbau agar pengurus KONI yang baru meningkatkan prestasi olahraga hingga Babel lebih dikenal. Induk organisasi olahraga itu juga diharapkan lebih mengenalkan olahraga ke masyarakat Babel, agar lebih dicintai.

“Olahraga tidak hanya bicara prestasi. Kalau olahraga tidak dikenal dan tidak dicintai oleh masyarakat bagaimana mau ada prestasi. Yang sudah ada kita tingkatkan lagi prestasinya, yang kurang kita kenalkan lagi ke masyarakat,” ucap Erzaldi.

Gubernur mengharapkan pengurus baru bekerja dengan hati yang ikhlas dan menganggapnya sebagai ibadah. Bila hal itu dilakukan, dirinya yakin olahraga di negeri penghasil timah putih terbesar di dunia ini akan disegani daerah lain.

“Semua harus siap untuk bekerja. Ikhlaskan nawaitu (niat) dan hati kita. Apa yang kita kerjakan adalah ibadah. Saya mau dalam pengurusan KONI ini semua cabor harus maju, jangan mundur,” tukasnya.

Usai melantik Pengurus KONI Babel, Ketum KONI Pusat, Mayjen (Purn) Tono Suratman, mengucapkan selamat bekerja dan mengemban amanah dari masyarakat provinsi Babel.

“Untuk semua pengurus yang baru dilantik, selamat bekerja dan emban amanah ini dengan sebaik-baiknya,” tutupnya.

Acara pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Babel H Erzaldi Rosman, Wakapolda Babel, Forkominda, Ketum KONI Aceh, Ketum KONI Sumatera Utara, Ketum KONI Riau, KONI kabupaten/kota se-Babel, Pengurus cabang olahraga (cabor), atlet, serta tamu undangan lainnya.