Raihan Adipura, Tonggak Awal Menyadarkan Masyarkat Basel Peduli Lingkungan

Oleh : Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelarkan rapat koordinasi (rakor) Adipura 2018 dan sosialisasi, Kamis (22/2) siang di Balai Daerah Pemkab Basel. Rakor Adipura 2018 disertai Sosialisasi dibuka langsung oleh Bupati Bangka Selatan Drs. H. Justiar.

Sebagai kepala daerah di negeri Junjung Besaoh, Justiar menyampaikan Program Adipura yang merupakan salah satu program stategis kementrian lingkungan hidup yang bertujuan untuk mendorong, pemerintah daerah.

Setelah Bupati menyampaikan pesannya, kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi ,nara sumber kegiatan itu oleh Ekawati Justiar dan Agus Iskandar Syah selaku pembina adipura Basel Provinsi Babel.

“Yakni dalam mewujudkan kota yang bersih dan teduh dengan menerapkan prinsip-prinsip tata kelola pemerintah yang baik dan tata kelola lingkungan yang baik,” kata Justiar dalam kegiatan itu, Kamis (22/2).

Menurut Justiar Adipura ini digunakan sebagai alat untuk mendorong motivasi aparat pemerintah dan masyarakat untuk memperbaiki dan meningkatkan kondisi kebersihan.

“Program adipura akan terlaksana dengan baik jika ditunjang dengan dengan, partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah dalam pengelolaan lingkungan program Adipura, tidak harus menjadi tanggungtjawab pemerintah daerah dan dinas insansi terkait saja melainkan juga tanggung jawab kita bersama seluruh eleman masyarakat,” ucapnya.

Piala yang diraih sebelumnya, oleh Pemkab Basel, ujar Justiar bukanlah tujuan akhir dari perjuangan tetapi dalam pengelolaan lingkungan merupakan tolak ukur dalam menyadarkan masyarakat dalam membudayakan hidup bersih pengelolaan lingkungan.

“Dapat dilakukan dengan mengurangi sampah dari sumbernya, pengendalian pencerahan dan kerusakan lingkungan serta efesiansi pemanfaatan sumber energi dan sumber daya lain. Saya berharap pada tahun 2018 ini , kita dapat kembali memboyong piala adipura, kepada camat, lurah dan kepala Desa tingkatakaan kepedulian masyarakat untuk melaksanakan gotong royong dan kebersihan terhadap lingkungan,” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan Rakor Adipura 2018 dan Sosialisasi diantaranya, Kajari Basel, Pramono Mulyo dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Basel.