Pemda Harus Permudah Perizinan untuk Dorong Investasi

Presiden Joko Widodo (Antara foto)

BANDUNG, LASPELA- Presiden Joko Widodo kembali menegaskan pentingnya peran pemerintah daerah (Pemda) dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, salah satunya dengan menyederhanakan proses perizinan agar bisa mendorong kegiatan investasi dan ekspor.

“Problemnya seperti yang sering disebutkan, saya sampaikan berulang-ulang terus mengenai lamanya perizinan, banyaknya aturan, banyaknya rekomendasi, banyaknya persyaratan. Itu yang saya minta untuk secepat-cepatnya dipangkas, sebanyak-banyaknya disederhanakan,” kata Presiden kepada para jurnalis usai memberikan sambutan dalam pengarahan kepada peserta Rakernas APPSI di Kota Bandung, Kamis (22/2) seperti dikutip LASPELA dari laman Antara.

Dalam beberapa kesempatan, Presiden Joko Widodo memang selalu mengingatkan dua hal yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, yaitu peningkatan investasi dan nilai ekspor. Begitu pula saat berbicara di hadapan gubernur dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

Menurutnya, penyederhanaan perizinan inilah yang akan mempercepat dunia usaha untuk bergerak, berekspansi, serta berinvestasi, sehingga dengan begitu diharapkan lapangan kerja semakin bertambah.

Editor: Stefanus H. Lopis