Target 2017 Tercapai, Tahun Ini Belitung Bidik 400 Ribu Wisatawan

Oleh : Junianto Ade Sahputra

TANJUNGPANDAN, LASPELA – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung Ir Hermanto tahun ini membidik target wisatawan sebanyak 400 ribu. Sejumlah even telah disiapkan baik skala lokal, nasional, dan internasional.

Tahun lalu, Kabupaten Belitung memberi target sebanyak 350 wisatawan. Hingga akhir Desember angkanya melampaui target sebanyak 380 wisatawan.

“Dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan semakin banyak, maka bisa kita lihat UKM dan hotel tumbuh dan makin banyak di Belitung,” kata Hermanto, Selasa (20/2/2018).

Tahun ini even yang disiapkan April 2018 nanti, akan dilaksanakan acara sport fishing tingkat nasional yang dilaksanakan Dinas Perikanan Kabupaten Belitung. Acara ini juga sekaligus mengangkat tema mancing tenggiri.

“Acara sport fishing ini sengaja kita ambil lokasi di Selat Nasik, memang bulan April ikan tenggiri lagi banyaknya di perairan Selat Nasik. Ini akan menjadikan icon Belitung, jika ingin mancing tenggiri silahkan datang bulan April,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Belitung Destika Efenly.

Bulan Juli mendatang dari tim geopark akan dilaksanakan festival kayak internasional di Tanjung Kelayang. Bulan Agustus dilaksanakan even Pesona Belitung Beach Festival.

Bulan September, Oktober, November waktu yang paling tepat berkunjung ke Belitung. Pasalnya pada bulan ini full agenda wisata. Dimulai dari bulan September yaitu agenda pekan ekonomi kreatif Kecamatan Sijuk, biasanya acara ini digabung dengan sail Indonesia. Menyusul bulan Oktober Sail Indonesia, November festival Tanjung Kelayang, pada bulan yang sama diadakan festival geopark. (Jun)