Desa Tanjung Labu Panen Padi Perdana Capai 4 Ton Per Hektar

Oleh : Nopranda Putra

LEPARPONGOK, LASPELA – Masyarkat petani Desa Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok lakukan panen padi perdana dengan didampingi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Bangka Belitung bersama Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Senin (12/2).

Padang sawah seluas 45 hektar sudah memberikan hasil panen perdananya, dan diperkirakan mampu memproduksi 4 ton gabah per hektarnya. Adapun padi milik masyarakat Desa Tanjung Labu ini menggunakan varietas inpari 30 dan ciliwung yang lebih produktif dalam produksinya.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Wahyu Wibawa menuturkan, pihaknya mendukung penuh pengembangan inovasi bahkan dalam bentuk pelatihan budidaya bagi petani Desa Tanjung Labu.

Sementara Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan Suhadi mengajak petani Desa Tanjung Labu untuk terus mengoptimalkan pemanfaatan lahan sawah.

“Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan terus berupaya melengkapi sarana dan prasarana pertanian baik bantuan irigasi, benih serta sapras penunjang lainnya,” sebutnya.

Ia juga mengajak masyarakat Desa Labu untuk meningkatkan pemanfaatan lahan di desa setempat, agar hasil panen padi bisa lebih teroptimalkan dan menghasilkan lumbung padi yang mumpuni.

“Mari kita terus meningkatkan pemanfaatan lahan, Pemkab Basel terus memantau serta berupaya melengkapi sapras baik irigasi, benih serta bantuan lainnya, mari kita wujudkan Bangka Selatan swasembada beras serta menjadi lumbung pangan Bangka Belitung,” ajak Suhadi.

Sementara itu, Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Patoni mengungkapkan setelah panen, petani akan langsung melanjutkan dengan pengolahan lahan untuk penanaman kembali. “Diperkirakan petani Desa Tanjung Labu akan melakukan penanaman kembali pada awal Maret mendatang,” ujarnya.