Wakil Bupati Basel Terima LHE AKIP dari Kemenpan-RB RI

Penulis: Nopranda Putra

TOBOALI, LASPELA– Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur, menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan yang diterima langsung Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, di Radisson Golf dan Convention Center, Batam,Kep. Riau, Kamis (25/1).

Penyerahan LHE AKIP kepada Pemkab Basel ini sesuai amanat PP Nomor 8 tahun 2006 tentang pelaporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah dan perpres nomor 29 tahun 2014 tentang sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Saat ini dilakukan Kemenpan RB terhadap seluruh kab/kota wilayah I yang terdiri dari Bangka Belitung, Sumatera, Jabar dan Banten. Untuk Pemkab Basel meraih predikat B.

Sebelum memberikan arahan menteri PAN RB, Asman Abnur, melaunching aplikasi yang diberi nama e-SAKIP REVIU di tempat yang sama.

“Kami pasang target kenaikan nilai sakip dari tahun 2015 s.d 2017 mulai dari dominan di C dan bahkan ada yang D, maka ditahun 2017 harus C dan ini terus ditingkatkan menjadi B di tahun depan. Dan kalau ada daerah yang mendapatkan nilai C, saya akan sampaikan bahwa kepala daerah tersebut gagal,” terang Asman.

Evaluasi SAKIP sendiri bertujuan melakukan efisiensi program dan anggaran, sehingga apa yang menjadi tujuan dan sasaran program kegiatan dapat tercapai. Dengan demikian pemborosan dapat dihindari dan outcomepun jelas.

“Harus jelas, Jangan ada lagi kegiatan yang tidak jelas dan yang tidak menunjang visi dan misi. Dan mulai tahun ini kami fokus pada program e sakip untuk efisiensi anggaran dan kegiatan,” tegas Asman.

Ia juga menjelaskan, adanya aplikasi ini tidak perlu lagi datang ke jakarta untuk konsultasi dan lain sebagainya, karena sekarang sudah praktis dan efesien. “Melalui aplikasi ini setiap Pemkab/kota tidak perlu datang lagi ke jakarta untuk konsuling, karena melalui aplikasi ini kami dapat melakukan pendampingan dan menjawab konsultasi dari bapak ibu sekalian,” sebutnya.

Dari tayangan slide didapatkan nilai akip prov babel tahun 2017 adalah 63,65 predikat B sedangkan untuk rata-rata kabupaten/kota dengan predikat C.

Tak hanya itu, setelah penyerahan LHP AKIP kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan kebijakan E-SAKIP dan penguatan evaluasi kab/kota oleh inspektorat provinsi dengan pemateri dari kemenpan RB.

Turut hadir perwakilan dari Pemkab Basel yakni Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, Kepala BPPPPD, Kepala Bakuda, Kadinkes, Kadin pariwisata, Kadin Pertanian Perkebunan Peternakan Kab. Basel.

Sementara Nurdin Basirun, Gubernur Prop.Kep. Riau menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada menteri, gubernur, bupati/walikota se-wilayah I.

“Selagi berada di sini. Silahkan menikmati keindahan kota kami. Belum ke Batam kalau belum ke Bintan, Barelang,” ujar orang nomor 1 di Prov. Kep. Riau di sela-sela sambutannya .

Menurut jadwal, Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari, kamis s.d jumat, 25-26 Januari 2018. Dan akan diadakan 2 sesi coaching clinic bagi Sekretaris Daerah, Kepala Bappeda dan Inspektur Daerah.

Editor: Stefanus H. Lopis