ACT Target 10.000 Ton Beras untuk Warga Palestina

PANGKALPINANG, LASPELA – Keberadaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang mengglobal kini hadir di Bangka Belitung, 7 KGB-ACT Babel Perwakilan dari masing-masing kabupaten kota di Babel, dilantik secara resmi oleh Ardiansyah , Ketua ACT Sumbagsel (Sumsel, Babel, Bengkulu, Jambi) , Senin (15/1).

Ardiansyah mengatakan, ACT merupakan lembaga kemanusian global yang mengembangkan aktivitasnya mulai dari kegiatan tanggap darurat, program pemulihan pasca bencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program berbasis spirotual seperti qurban, zakat, dan wakaf.

“ACT saat ini sedang menggagas program global bantuan kemanusian yang lebih masif berupa 10.000 ton beras untuk warga Palestina yang akan dilayarkan melalui program kapal kemanusian. Tidak hanya beras, bantuan pangan lain seperti gula dan tepung juga turut diangkut oleh Kapal Kemanusian Palestina,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ardiansyah menyampaikan bantuan pangan menjadi prioritas pengiriman bantuan kemanusian untuk palestina. Pasalnya, pangan menjadi kebutuhn pokok yang dibutuhkan mendesak oleh warga palestina. Seperti yang diketahui sebelumnya, pasang surut tindakan represif sepihak israel baik langsung maupun lobi zionisme, dari tahun ke tahun semakin memperburuk kondisi warga palestina.

“Tak hanya di yerusalem Timur, tapi juga di Gaza. Berpuluh tahun, ,meski berada di tanah airnya, mereka hidup dalam serba keterbatasan,” jelasnya.

Ia menjelaskan populasi Gaza yang saat ini berkisar kurang dari 2 juta jiwa, lebih dari 80 persen warganya hidup dalam kesulitan ekonomi, sosial termasuk pangan, Zejauh ini mereka hidup serba terbatas dan mengandalkan bantuan dari dunia luar. Hingga kini, ada lebih 200.000 keluarga di Gaza yang memerlukan bantuan kemanusian.

“Diperkirakan volume 10.000 ton bantuan pangan tersebut mampu memberi dukungan logistik bagi warga palestina yang membutuhkan,” ungkapnya.

Ardiansyah optimis 100 ton beras akan dilayarkan dari masyarakat Babel. ” KKP ini menggerakkan global, 1 kg beras dari 100.000 orang di Babel akan terkumpul 100 ton beras untuk palestina. Ini adalah bentuk dukungan kita untuk kemerdekaan palestina,” imbuhnya.

Senada Ari Juliansyah selaku perwakilan KGB-ACT Babel mengungkapkan keyakinannya bahwa masyarakat Babel mampu memberikan kontribusi terbaiknya untuk palestina melalui kapal kemanusian palestina.

“Peresmian jejaring ACT 7 kabupaten/kota Babel hari ini sebagai langkah awal untuk menggerakkan masyarakat agar turut memberikan kontribusi terbaiknya untuk palestina. Saatnya pemuda bergerak dan menggerakkan semua elemen,” jelasnya.

Ditambahkan Juliansyah Insya Allah, KKP akan diberangkatkan pada 21 Februari mendatang. Sebelum memberangkatkan kapal kemanusian yang mengangkut 10.000 ton bantuan pangan, ACT membela tanah air mereka. Selama lebih dari sebulan, amanah kepedulian masyarakat Indonesia terus disalurkan dalam bentuk dapur umum di beberapa wilayah di Palestina layanan media gratis serta bantuan air bersih di Gaza,” pungkasnya. (Wa)

Nomor Rekening Donasi :
MANDIRI # 127 000 781 6612
BNI SYARIAH # 66 0000 5505
Atas Nama Aksi Cepat Tanggap Tambahkan Angka (810) Diakhir Nominal Transfer. Contoh Rp 1.000.810.