Ini Daftar Nama Pemenang Sayembara Maskot dan Jingle Pilkada Belitung 2018

Maskot Pilkada Belitung 2018.

TANJUNGPANDAN, LASPELA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung telah menetapkan Maskot dan Jingle Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Tahun 2018. Penetapan Maskot dan Jingle Pilkada Belitung ini melalui rapat pleno yang dilakukan KPU Kabupaten Belitung pada Sabtu (28/10) malam.

Ketua KPU Belitung, Soni Kurniawan, melalui Divisi SDM dan Parmas, Yudi Ariyanto mengatakan, penetapan Maskot dan Jingle Pilkada Belitung 2018 ini berdasarkan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Nomor : 30/HK.03.1-Kpt/1902/KPU-Kab/X/2017 tanggal 28 Oktober 2017 tentang Penetapan Maskot dan Jingle Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung.

Menurut Yudi, jenis Maskot dan Jingle yang dipilih dan ditetapkan untuk kepentingan sosialisasi dalam penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Tahun 2018 ini, merupakan karya terbaik pertama milik peserta yang sudah dinilai dan diputuskan masing-masing dewan juri.

“Yang kami pilih yaitu karya peserta yang menjadi pemenang pertama, dari tiga nominasi terbaik hasil penilaian masing-masing dewan juri, baik untuk maskot maupun jingle,” ungkap Yudi melalui press releasenya yang diterima LASPELA, Senin (30/10).

Masih menurut Yudi, sebelum dilakukan penetapan jenis Maskot dan Jingle Pilkada Belitung 2018, KPU Kabupaten Belitung pada hari yang sama juga melakukan rapat pleno penetapan tiga Pemenang Sayembara Maskot dan 3 Pemenang Sayembara Jingle dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung 2018.

“Tiga pemenang untuk masing-masing kategori sayembara ini, baik maskot maupun jingle adalah murni hasil penilaian  masing-masing dewan juri dan tidak ada intervensi dari KPU Kabupaten Belitung,” tegas Yudi.

Dia menyampaikan, ada tiga orang juri untuk masing-masing kategori lomba. “Untuk maskot itu jurinya, Dharmawan, Fithrorozi, dan Ki Agus M Fuad Albani. Sedangkan untuk jingle itu jurinya, Usni Mariosha, Sudharma Yudha dan Ardy Ziaz Huzein,” kata Yudi.

Yudi juga mengatakan, pemenang pertama sayembara maskot adalah Naufan Noordyanto asal Pamekasan Jatim, dengan karyanya Si Kemi, Keremunting Memilih. Pemenang kedua Ikhsan Dwiono asal Semarang Jateng, dengan karyanya Si Madumo, Makan Bedulang untuk Demokrasi. Pemenang ketiga Gunawan Nata Kurrahman asal Tanjungpandan Babel, dengan karyanya Si Berbak, bersih bebas berkualitas.

“Untuk maskot ini kami pilih dan kami tetapkan Si Kemi, hasil karya Naufan Noordyanto, yang merupakan pemenang pertama dalam sayembara maskot. Si Kemi inilah yang akan kami gunakan dalam sosialisasi Pilkada Belitung 2018,” ujar Yudi.

Ditambahkannya, sedangkan untuk pemenang pertama sayembara jingle adalah Sodik Wardoyo asal Yogyakarta dengan karyanya berjudul Pilbup Belitung 2018. Pemenang kedua adalah Belfi Alfiani asal Tanjungpandan Belitung, dengan karyanya berjudul Pilkada Belitung. Pemenang ketiga adalah Andri Sufyana asal Manggar Belitung Timur, dengan karyanya berjudul Belitung Memilih.

“Nah untuk jingle ini kami pilih dan kami tetapkan karya dengan judul Pilbup Belitung 2018 milik Sodik Wardoyo, yang merupakan pemenang pertama dalam sayembara jingle,” pungkas Yudi (*/jun)

Editor: Stefan H. Lopis