TNI AD dan Masyarakat Belitung Sholat Subuh Keliling ke 106

BELITUNG, LASPELA– TNI AD khususnya dari Kodim 0414/Blt bersama masyarakat Belitung Timur (Beltim) ‘ minggu subuh (29/10/2017) menggelar Shalat Subuh keliling yang ke 106 di Masjid Jamik Amaliyah jalan Raya Sijuk Air Merbau Tanjungpandan.

Sholat subuh keliling ini sudah dilakukan sejak 8 tahun lalu dari masjid ke masjid  lainnya di lingkungan kota Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

Dalam subuh keliling ini dihadiri alim  ulama, tokoh masyarakat dan jama’ah sholat subuh sekitar 500 orang jama’ah

Kegiatan ini dilaksanakan pada setiap Hari Minggu di akhir bulan dan dikoordinir oleh H. Samsudin. Setelah melaksanakan sholat shubuh dilanjutkan dengan sambutan koordinator Shubuh Keliling dan  Tausyiah oleh Drs. H. Ibnu Haban.

Ibnu Haban dalam ceramahnya menyampaikan “Syiar agama manfaat dari shubuh keliling ini diantaranya untuk menambah Ilmu sebagai pedoman dalam kehidupan sehingga kita yakin akan ilmu agama, untuk menghindari rasa kekhawatiran dan ketakutan dalam kehidupan didunia.

“Yang kedua menambah keyakinan kepada Allah dengan mengamalkan perintahnya dan manjauhui segala larangannya”, ujar Ibnu Haban dihadapan Jama’ah.

Manfaat yang ketiga lanjut Ibnu Haban untuk membuktikan keimanan dengan mencintai agama dan menjalankan perintah serta menjauhi larangan Nya, hal ini dapat terwujud seperti dijelaskan dalam surat Alfatir ayat 29 ada tiga hal yang harus di jalankan.

“Kita harusnya istiqomah dalam membaca Al-Quran setiap saat, gunakan waktu membaca Al-Quran sebagai umat Islam harus khatam apa itu satu bulan sekali, tiga bulan sekali atau satu tahun sekali khatam Al Quran nya,” ungkap Ibnu.

Ibnu Haban dalam menyampaikan tausiah berharap agar umat islam selalu mendirikan dan menegakan sholat serta menyempurnakan ibadah dan shalat guna mencegah perbuatan dosa karena tidak ada dosa  yang besar kecuali meninggalkan sholat wajib.

Selain itu, banyak beramal sebagai simpanan  dihari akhir jika kita menginginkan surga Allah yang diberikan keindahan yang di dalamnya terdapat air yang jernih serta bidadari bidadari yang cantik dan shaleh.

Sementara, Kasdim Kodim 0414 seijin Dandim 0414/Belitung Letkol Kav Eko Saptono mengajak jamah untuk selalu menjaga shalat subuh berjamaah sebagai bukti keimanan Kepada Allah SWT.

“Mari kita menjaga keamanan, kedamaian dan ketentraman di Kabupaten Belitung ini dalam menghadapi pesta Demokrasi Pilkada pada tahun 2018 mendatang,,” paparnya (rill/rh/naf)