Bangun Karakter Generasi Muda Melalui Keluarga

Para perempuan lintas organisasi saat mengikuti Sosialisasi program pendidikan keluarga, Kamis (19/10). (Foto: Ist)

JAKARTA, LASPELA– Keluarga berperan penting dalam pembentukan karakter generasi muda. Karena itu, orangtua harus mengambil banyak peranan dalam proses pendidikan anak.

“Memberikan contoh, teladan yang baik, tidak sekedar mengajari anak hal-hal yang terkait etika dan moral,” papar Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo di sela kegiatan Sosialisasi Program Pendidikan Keluarga 2017, Kamis (19/10) dilansir dari laman Poskotanews.

Diakui, pada era digitalisasi seperti sekarang ini, tantangan mendidik anak yang dihadapi orangtua jauh lebih kompleks dan berat. Sebab era digitalisasi membuat arus informasi sedemikian deras masuk ke dalam kehidupan anak-anak.

Sementara banyak orangtua karena kesibukan bekerja, lupa atau hanya memiliki waktu sedikit untuk memberi perhatian pada anak. Pada akhirnya anak akan banyak belajar dari lingkungan diluar keluarganya, dan dari dunia maya.

Giwo mengingatkan, teladan amat penting diterapkan pada setiap keluarga. Sebab anak akan banyak meniru apa yang dilakukan oleh orangtua dalam kehidupan sehari-hari. “Jika kita membatasi anak menggunakan gawai, maka kita sendiri juga harus membatasi. Buat apa melarang kalau ibunya sendiri kerjaannya main handphone terus,” tmbuh Giwo. (pk)

Editor: Stefan H. Lopis