Jelang Penutupan, 3 Parpol Ini Bergantian Daftar ke KPU Belitung

TANJUNGPANDAN, LASPELA- Hari terakhir pendaftaran verifikasi partai politik peserta pemilu tahun 2019 di Kabupaten Belitung masih terus ditunggu hinggal pukul 24.00 wib.

Pantauan wartawan negerilaskarpelangi.com di Kantor KPU Kabupaten Belitung, Senin sore tiga partai bergantian antre mendaftar. Didahuhului Partai Bulan Bintang (PBB), Hanura, dan Golkar.

Ketua DPC PBB Kabupaten Belitung H Kasbiransyah mengatakan sebagai persyaratan yang telah ditetapkan dalam PKPU no 7 tahun 2017 sebagai tindak lanjut dari UU Pemilu tahun 2017 tentang pemilu, maka PBB dianggap memenuhi persyaratan karena membawa salinan  foto copy KTA dan salinan copy KTP elektronik yang jumlahnya sebanyak 180.

Jumlah tersebut telah memenuhi syarat ambang batas yang ditetapkan KPU sebanyak 159. Jumlah tersebut merupakan hasil dari 1 per 1000 jumlah penduduk.

“PBB telah memenuhi syarat minimal keanggotaan parpol di Kabupaten Belitung yakni 180,” ujar Pria yang akrab disapa Biran ini.

Berkas tersebut selanjutnya akan dilakukan verifikasi selama 30 hari pada masa pemeriksaan admnistrasi, atau setelah melewati batas pendaftaran tgl 16 oktober 2017. Sebagaimana diketahui KPU telah membuka pendaftaran sejak tanggal 3 hingga 16 Oktober 2017 hingga pukul 24.00 WIB.

Sebelumnya partai besar seperti NasDem, PDIP, PPP, Perindo, PAN, Demokrat. KPU masih menunggu partai politik yang berkasnya belum lengkap dan menunggu juga singkronisasi pendaftaran di tingkat pusat. (Jun)

Editor: Stefan H. Lopis