Pentahbisan Uskup Pangkalpinang, Erzaldi: Bersama Kita Jaga Kebhinekaan!

Uskup Pangkalpinang Mgr. Adrianus Sunarko OFM
  • Gubernur: Selamat Mgr A. Sunarko
  • Pengamanan Kondusif dan Optimum
  • Herry Nixon: Libatkan Pemuda Muslim

PANGKALPINANG, LASPELA – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Dr H Erzaldi Rosman SE MM menyampaikan Selamat dan Sukses kepada Mgr Dr Adrianus Sunarko OFM yang tanggal 23 September 2017 ditahbiskan menjadi Uskup Baru Pangkalpinang sesudah dipilih oleh Paus Fransiskus menggantikan Mgr Hilarius Moa Nurak SVD yang meninggal dunia.

“Saya Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengucapkan Selamat dan Sukses atas pentahbisan Uskup Mgr Adrianus Sunarko sebagai Uskup Pangkalpinang. Semoga Mgr Sunarko menebarkan nilai-nilai kebaikan serta bersama-sama  kebhinekaan demi keharmonisan Negeri Serumpun Sebalai,” ungkap Gubernur Erzaldi Rosman, Senin (17/9-2017) kepada Uskup Mgr Adrianus Sunarko yang mengambil spirit  “Lætentur insulæ multæ” yang artinya adalah “Hendaknya banyak pulau bersukacita” (Mzm 97:1).

Ucapan Gubernur Erzaldi Rosman itu akan ditayangkan dalam upacara Pentahbisan bersama ucapan selamat dari Kapolda Brigjen Anton Wahono yang sekarang menjadi Staf Ahli Kapolri serta berbagai tokoh lainnya dan akan disaksikan oleh sekitar 12 ribu umat Katolik di Stadion Depati Amir Pangkalpinang.

Momentum Membanggakan

Kapolda Babel Brigjen Anton Wahono yang kini menjadi Staf Ahli Kapolri berbintang dua kepada Pemimpin Redaksi LASPELA, Agus Ismunarno menyatakan Upacara Pentahbisan Uskup Pangkalpinang merupakan momentum yang membanggakan karena diamankan oleh partisipasi seluruh masyarakat Kepulauan Bangka Belitung, Tokoh Agama dan Ormas.

“Momentum itu akan menjadi kebanggaan bagi Provinsi Kepulauan Babel yang mampu berbuat lebih baik dibandingkan dengan provinsi lainnya dalam segi keamanan. Dan yang membedakan itu adanya partisipasi masyaarakat dan ormas,” tandas Anton Wahono.

Anton Wahono jauh-jauh hari sudah merangcang pengamanan yang optimum dan maksimal. “Pengamanan Pentahbisan Uskup Pangkalpinang sudah dirancang sedemikian rupa, sehingga saya berkeyakinan Tanggal  23 September 2017 akan aman dan terkendali,” kata Anton Wahono.

Ia memberikan dasar alasannya, “Hal tersebut karena sistem keamanan dirancang untuk kenyamanan Umat Katolik atau Nasrani dan prosesi pelantikan akan berjalan dengan tertib dan khusuk.”

Keyakinan Anton Wahono itu diterjemahkan dengan sangat detil dalam Gelar Rapat Koordinasi yang dipimpin oleh Karo Ops Polda Babel Kombes Herry Nixon dan dihadiri oleh Mgr. Yohanes Harun Yuwono Uskup Tanjungkarang yang juga Administrator Apostolik Keuskupan Pangkalpinang, Vikjen  RP Teleforus Nugroho Krisusanto SS.CC, Ketua Umum Panitia Pentahbisan RD. Ag. Dwi Pramodo, Romo Kerawam Keuskupan Pangkalpinang Hans Jeharut, Unsur Ketua Panitia dan Pengarah diantaranya Benny Sorliam, Teddy Halim, Agus Ismunarno, Mingky, Falens.

Karo Ops Kombes Herry Nixon sesudah Rapat Koordinasi menyatakan sejauh ini dari olah intelijen tidak ada indikasi gangguan.

“Namun kita perlu selalu waspada dan bersyukur atas semua bentuk partisipasi dari Pemuda Ansor dan Ormas Kepemudaan lainnya yang akan kita libatkan,” kata Herry Nixon.

Reportase: Agus Ismunarno