Bambang Patijaya: Keragaman Identitas Otentik Bangsa

JAKARTA, LASPELA – Ketua Umum Gemabudhi, Bambang Patijaya, memenuhi ajakan Ketum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak, untuk bersama-sama melaksanakan gotong royong dalam kegiatan “Bersih Bersih Rumah Ibadah” yang rutin dilaksanakan PP Pemuda Muhammadiyah.

Bulan kemarin kegiatan ini dilaksanakan dengan membersihkan Gereja Katolik, sekarang gilirannya untuk membersihkan Masjid.

Kali ini PP Pemuda Muhammadiyah mengajak DPP Gemabudhi, DPP GPPI, Pemuda Katolik, Komunitas Motor Vespa dan tamu khusus kegiatan ini yakni Menteri ESDM Ignasius Jonan untuk bergotong royong membersihkan Masjid Jam’iyyatul Iman di Jl. Menteng Pulo RT 001 RW 12 Kel. Menteng Dalam, Minggu (17/9/2017).

Titik kumpul kami adalah di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, lalu perjalanan menuju ke lokasi kegiatan kami tempuh dengan naik motor beramai ramai bersama komunitas Vespa.

Menteri Jonan di bonceng oleh Ketum Dahnil dengan motor Vespa kesayangannya, saya sendiri dibonceng oleh rekan dari Gemabudhi dengan motor Honda bebek. Di lokasi kami telah ditunggu dan disambut dengan hangat oleh Pak RW, Pak RT, Pengurus Mesjid dan Marbot Mesjid Jam’iyyatul Iman.

Sambil menunggu kesiapan panitia dan relawan dalam memulai kegiatan, Menteri Jonan masih penasaran dengan motor Vespa Ketum Dahnil dan mencoba sendiri naik Vespa tersebut satu putaran di jalan komplek…

Ketua Umum Gemabudhi Indonesia, Bambang Patijaya, menerangkan kegiatan bersih bersih tersebut yang dihadiri Menteri Jonan, Ketum Dahnil, Ketum Bambang, Ketum Maruli dan kawan perwakilan dari Pemuda Katolik secara kompak membersihkan tempat pengambilan Wudhu dengan menyikat dan menyiram lantai dan dinding keramik dengan sabun dan air bersih.

“Kami Bersama Pak Menteri Jonan dan teman-teman lainnya membersihkan tempat wudhu dengan sabun dan air bersih. Sementara itu rekan-rekan relawan yang lain juga ada yang mengelap kaca, menyapu dan mengepel lantai bangunan Mesjid. Kami semua lakukan hal tersebut dengan senang hati dan antusias, tentunya kami laksanakan kegiatan tersebut atas arahan dari Marbot Mesjid sehingga berjalan tertib dan lancar,” ungkap Tokoh Pemuda Babel ini.

Tambah Bambang, kegiatan selanjutnya dilakukan penanaman pohon belimbing dan alpokat di sekitar Masjid. Terus dilaksanakan juga Kegiatan “Berbagi Makan Gratis”. Pada kesempatan tersebut, Menteri Jonan melayani pengambilan makan gratis bagi warga sekitar lokasi Mesjid dibantu oleh rekan-rekan semua sampai semuanya mendapatkan makan siangnya dengan lancar.

“Rangkaian demi rangkaian kegiatan selesai dilaksanakan. Kami semua sepakat pada bulan depan kegiatan seperti ini akan kami laksanakan lagi dengan membersihkan Vihara, sehingga semua rumah ibadah akan kami bersihkan bersama-sama dengan pemuda lintas agama,” terangnya.

Bambang Patijaya memberikan apresiasi Pemuda Muhammadiyah sudah menginisiasi kegiatan yang sederhana namun sarat akan pesan dan harapan.

“Kegiatan seperti ini memberikan contoh teladan tentang kebersamaan dalam menjaga keragaman. Pemuda lintas agama memberikan contoh bahwa kita semua bisa kompak, saling menghormati dan mengembangkan sikap toleransi antar umat beragama. Keragaman adalah identitas otentik bangsa kita,” tutupnya.(*/Ar)