Home / HEADLINE / Wow, Video Wonderful Indonesia Bersaing dengan 56 Negara
Pesona alam di Papua. (sumber: video wonderful Indonesia)

Wow, Video Wonderful Indonesia Bersaing dengan 56 Negara

Pariwisata Indonesia kembali mendapat tantangan dari sejumlah negara di dunia. Kali ini, video Wonderful Indonesia berjudul “The Journey Through Wonderful Indonesia” bakal bersaing dengan lebih dari 60 video promosi pariwisata di dunia.

“The Journey Through Wonderful Indonesia” masuk menjadi nominasi dalam UNWTO Award-Tourism Video Competition untuk kategori People’s Choice Awards.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak seluruh masyarakat Indonesia turut serta memberikan suaranya untuk video Wonderful Indonesia. Menurut Menpar Arief Yahya, terpilihnya video Wonderful Indonesia sebagai salah satu nominasi sudah membuktikan bahwa pariwisata Indonesia punya kualitas standar dunia.

“Sehingga tidak salah kita sebagai warga negara Indonesia untuk dapat menegaskan kembali betapa kuat dan indahnya pariwisata Indonesia. Salah satu caranya dengan ikut vote di ajang ini,” ujar Menpar Arief Yahya.

Menurut Menpar, dengan keberhasilan Indonesia dalam ajang ini nantinya, tentu akan membawa dampak positif bagi pariwisata Indonesia. Salah satu bukti nyatanya adalah saat Indonesia meraih 12 penghargaan di ajang The World Halal Tourism Awards lalu.

Nama Indonesia langsung melejit dan dikenal dunia. Indonesia langsung menjadi incaran para pelancong dari berbagai belahan dunia yang memang tertarik dengan wisata yang muslim friendly.

Lebih jauh Menpar menjelaskan mengapa award (penghargaan) itu penting. Ada tiga alasan singkat yaitu Confidence, Credibility dan Calibration.

Satu penghargaan tentunya akan dapat menaikkan tingkat kepercayaan (confidence level). Penghargaan pada dasarnya adalah sebuah legitimasi atau pengakuan. Bila kita mendapatkan penghargaan, maka self confidence akan naik.

Kemudian credibility. Jika dikomunikasikan dengan baik, award yang di peroleh dapat menjadi cara marketing yang paling efektif untuk membangun image. Untuk itu tidak perlu bersusah payah menyampaikan keunggulan yang dimiliki. “Orang lainlah yang menyatakannya,” ujar Menpar.

Selanjutnya adalah calibration. Sebuah penghargaan juga bermanfaat untuk menera apakah yang kita lakukan sudah benar sekaligus mengetahui posisi dibandingkan dengan yang lain. Menera berarti melakukan pengukuran apakah yang dilakukan sudah ada dalam track yang benar atau tidak.

“Dan pengukuran ini menjadi penting, karena bila tak bisa mengukur, maka kita tidak bisa mengelola. If you cannot measure, you cannot manage,” kata Menpar.

Karena itu Menpar mengajak seluruh masyarakat dapat berpartisipasi menyumbangkan satu vote-nya untuk Indonesia. Pariwisata Indonesia.

Lalu bagaimana caranya memilih? Sangat mudah. Masuk ke http://lmd.unwto.org/webform/vote-now-your-favorite-video kemudian isi nama lengkap, menyertakan email dan memilih video Wonderful Indonesia dan submit.

Syaratnya adalah satu email, satu suara, satu IP Address, satu device, satu computer atau HP satu suara. “Voting sendiri akan berakhir pada 11 September 2017, saya sudah mencoba, cukup mudah,” ujar Menpar Arief Yahya. (sp)

Editor: Stefanus H. Lopis

 

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: