Home / BANGKA BELITUNG / Workshop Geospasial: Wujudkan Peta Komprehensif untuk Pembangunan
Foto bersama para pejabat teras di lingkungan Pemprov Babel dan pimpinan Badan Informasi Geospasial. (humas)

Workshop Geospasial: Wujudkan Peta Komprehensif untuk Pembangunan

PANGKALANBARU, LASPELA- Badan Informasi Geospasial (BIG) menyelenggarakan Workshop Geospasial bagi para peserta dari OPD di Lingkungan Pemprov Babel bertempat di Hotel Novotel Bangka, Selasa 25 Juli 2017.

Workshop bertajuk Pemanfaatan Informasi Geospasial untuk pembangunan daerah ini dihadiri Sekda Babel Yan Megawandi, Kepala Badan Informasi Geospasial, Prof. Dr. Hasanuddin Zainal Abidin, M.Sc, Kepala Bappeda Se- Babel dan Kepala OPD di ligkungan Pemprov Babel, Akademisi UBB, serta jajaran dari BIG.

Sekda Yan Megawandi dalam arahannya meminta para peserta workshop untuk benar-benar memanfaatkan waktu seminar ini seoptimal mungkin, sehingga apa yang diharapkan dari kegiatan ini dapat tercapai.

“Saya kira mari kita manfaatkan seminar yang telah dilakukan oleh BIG ini se-optimal mungkin. Saya berharap dari perangkat daerah termasuk pemerintah daerah kabuaten dan kota untuk menjalin talisilaturahim yang lebih herat lagi kepada teman teman di BIG,” kata Yan Megawandi.

Sekda juga berkeinginan dengan adanya Workshop Geopasial ini, nantinya peserta dari OPD di Lingkungan Pemprov Babel, kabupaten dan kota akan lebih memahami dan memanfaatkan serta merealisasikanya dalam program kegiatan di OPD masing-masing.

“Saya ucapkan terima kasih telah memberikan pemahaman bagaimana supaya mengerti, paham, membuat, merencanakan dan memanfaatkan Geopasial peta ini. Tidak ada gunanya jika peta yang bagus-bagus jika tidak bisa membacanya dan tidak dibekali pemahaman untuk membacanya,” ujar Sekda.

Diakhir sambutanya, Sekda meminta semua OPD dan Badan Informasi Geospasial untuk bekerja bersama-sama untuk mewujudkan peta Geospasial yang lebih baik.

“Kita harus mengikuti secara bersama-sama. Kita harus menanggalkan sekat-sekat sektoral kita untuk mewujudkan suatu peta yang lebih utuh dan menyeluruh, supaya kita lebih komprehensif melakukan perencanaan yang lebih melibatkan semua sektor, semua orang, semua tingkat pemerintah. Maka dari itu peran BIG sangat penting,” tegasnya.

Kepala Badan Informasi Geospasial, Prof. Dr. Hasanuddin Zainal Abidin, M.Sc  dalam sambutanya  mengatakan, pada tahun 2016 sudah memulai kerja sama dengan Pemprov Babel lewat penandatanganan Nota kesepahaman bersama pada tanggal 17 Oktober 2016.

Kemudian ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama tentang pembangunan simpul jaringan.

“Beberapa kegiatan BIG juga banyak dilakukan di provinsi Babel, salah satunya survei inventarisasi pulau. Verifikasi dan pembakuan nama pulau yaitu ada 87 pulau pada bulan Mei,” terangnya.

Dalam rangka pengembangan Simpul Jaringan Informasi Geospasial, sambung  Hasanuddin, pihaknya akan mengadakan kegiatan penguatan pembangunan simpul jaringan informasi Geopasial Provinsi Babel.

“Dengan adanya worksop ini, diharapkan jaringan informasi geospasial dapat terbangun dan terhubung dalam jaringan Informasi geospasial,” ujarnya. (humasbabelprov)

Editor: Stefanus H. Lopis

 

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: