Home / BANGKA BELITUNG / Mengintip Wisata Sejarah Bung Karno Lewat Lomba Napak Tilas
Foto; Facebook Kebudayaan Bangka Barat.

Mengintip Wisata Sejarah Bung Karno Lewat Lomba Napak Tilas

MUNTOK, LASPELA- Kota Muntok di Kabupaten Bangka Barat (Babar) pernah menjadi saksi kehidupan Ir. Soekarno, Presiden Pertama Republik Indonesia.

Kentalnya nilai sejarah yang dialami Bapak Proklamator RI ini, lekat dengan daerah ini yang menjadi bagian tempat pengasingan, tepatnya di Pesanggrahan Bukit Menumbing, Muntok, Bangka Barat.

Guna menyegarkan kembali ingatan para generasi muda dan masyarakat umumnya agar tak menjadi generasi yang ‘lupa’ akan sejarah bangsanya, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) akan menyelenggarakan Lomba Napak Tilas dalam rangka kegiatan Wisata Kebangsaan pada hari Minggu, 30 Juli 2017.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan melalui akun facebook Kebudayaan Bangka Barat, Rabu (26/7-2017) menyebutkan, kegiatan Napak Tilas merupakan sebuah kegiatan untuk mengenang kembali aktifitas Ir. Soekarno dan beberapa pemimpin lainnya dengan masyarakat Muntok dari Pesanggrahan  Muntok menyusuri pantai menuju Tanjung Kalian untuk berekreasi bersama pada tahun 1949 silam.

Wakil Bupati Bangka Barat, Markus SH, menjelaskan, Kota Muntok sudah diresmikan sebagai Kota Pusaka.

“Artinya, kota yang masih kuat sejarahnya,” kata Markus beberapa waktu lalu.

Semoga momentum pelaksanaan Lomba Napak Tilas beregu yang terdiri dari Kategori SMP, SMA, dan Kategori Umum ini akan menjadi titik tolak untuk terus menggelorakan dan menghidupi warisan nasihat Sang Proklamator Ir. Soekarno, agar jangan sekali-sekali melupakan sejarah bangsa. (stef)

Editor: Stefanus H. Lopis

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: