Home / BANGKA BELITUNG / PKK Mitra Pemerintah Bangun Daerah
Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka. (foto: humas)

PKK Mitra Pemerintah Bangun Daerah

SUNGAILIAT, LASPELA- Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) merupakan salah satu mitra kerja pemerintah, dalam melaksanakan program pembangunan di daerah.

Demikian disampaikan Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Bangka, Hj. Mina Tarmizi, ketika menghadiri penyelenggaraan Monitoring dan Evaluasi atau MONEV di Kantor Kelurahan Bukit Betung Sungailiat, Selasa, 18 Juili 2017.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, Suriani, dan beberapa Pokja yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Hj. Mina Tarmizi menjelaskan, kegiatan Monev ini dilakukan agar  seluruh PKK yang ada di Kabupaten Bangka, baik itu PKK di desa/kelurahan maupun kecamatan, untuk bekerja secara maksimal dalam mendata setiap anggota keluarga yang ada di daerah itu.

“Monev ini kita laksanakan setiap desa, selain untuk pembinaan dengan turun langsung ke lapangan, juga untuk mendata setiap anggota keluarga yang ada di Kabupaten Bangka,” ungkap Hj. Mina.

Kegiatan Monev ini, jelas Hj. Mina,  juga berguna untuk pemerintah dan meringankan kerja pemerintah daerah.

“PKK ini merupakan mitra pemerintah dalam pembangunan daerah dengan memberdayakan perempuan untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia yang tertuang dalam sepuluh program pokok PKK,” katanya.

Dia berharap, kelompok Dasawisma yang merupakan unit terkecil PKK yang berada di dalam setiap Rukun Tetangga atau RT di desa untuk lebih  tertib administrasi, sehingga dalam pelaksanaan tugas bisa berjalan baik dan benar

“Dasawisma harus dibentuk di setiap kelurahan sehingga dapat mempermudah akses PKK dalam mengkoordinasi dan menghimpun data yang dibutuhkan seperti jumlah ibu hamil,ibu melahirkan serta kegiatan PKK yang lainya. Tentunya bekerjasama dengan pihak lainnya seperti tim kesehatan dan lainnya yang mendukung program pemerintah.

Kita  lihat dari segi tertib administrasi, masih kurang, untuk itu diharapkan kepada seluruh elemen terutama ibu-ibu yang ada di kecamatan, lurah dan desa untuk membantu menertibkan administrasi berupa data yang mengenai kondisi masyarakat yang ada di sekitar kita terutama ibu-ibu yang hamil,” jelasnya.

Ke depan Hj. Mina berharap kepada seluruh kader-kader pkk yang ada di Kabupaten Bangka untuk rela dan ikhlas meluangkan waktunya demi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat terutama kaum perempuan.”Semoga pkk kedepannya lebih maju dan kegiatannya lebih bermanfaat serta menyentuh keluarga-keluarga yang ada di tingkat desa dan kelurahan,” pesan Hj. Mina.

Lurah Bukit Betung Dodi Fitri Diansah mengungkapkan, kegiatan Monev yang dilakukan PKK Kabupaten Bangka sangat membantu memajukan dan menertibkan administrasi terutama yang berhubungan dengan pemberdayaan perempuan.

“Turun langsung ke lapangan membuktikan PKK sangat aktif dan membantu sekali dalam hal pengadministrasian, terutama yang berhubungan dengan kegiatan PKK,” ungkap Dodi. (diskominfo)

Editor: Stefanus H. Lopis

 

 

About stefanuslopis

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: