Home / BANGKA BELITUNG / Ini Makna Logo HUT ke-179 Kota Tanjungpandan Belitung
Logo HUT ke-179 Kota Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

Ini Makna Logo HUT ke-179 Kota Tanjungpandan Belitung

TANJUNGPANDAN, LASPELA– Dalam rangka perayan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Tanjungpandan ke-179 tahun, pemerintah Kabupaten Belitung meluncurkan logo untuk acara tersebut.

Tahun ini, Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) mengusung tema “Kita Wujudkan Masyarakat Kabupaten Belitung yang Sejahtera, Berdaya Saing, Inovatif, dan Bermartabat”.

Adapun logo HJKT ke-179 ini memiliki makna kemajuan pariwisata Belitung yang mengandalkan laut, namun tetap tidak meninggalkan akar budaya Belitong.

Verry Yudistira, desainer logo HJKT tahun 2017 menjelaskan, angka 179 didesain bermotif kain cual. Pada angka 1 terdapat daun simpor, yang merupakan daun endemik Belitong.

“Angka 7 dihiasi kain cual berwarna biru yang melambangkan birunya laut Belitung,” katanya ditemui LASPELA.

Lebih jauh dia menjelaskan, angka 9 dalam logo tersebut mengambil tema makan bedulang yang merupakan lambang kebersamaan.

“Yaitu bulatan angka 9 adalah mentudong. Mentudong adalah penutup sajian makanan yang ada di dalam dulang. Warna merah adalah warna yang umum dipakai untuk mentudong,” jelasnya.

Secara keseluruhan, kata Verry, logo ini menggambarkan kemajuan sektor pariwisata di pulau Belitung yang harus tetap dijaga dan dibarengi dengan nilai-nilai kearifan lokal atau budaya tradisional melayu Belitong.

Penulis: M. Junianto
Editor  : Stefanus H. Lopis 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: