Home / BISNIS / Mendag Akui Kordinasi Antar Instansi Pendorong Kestabilan Harga Pangan
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Foto: Kompas.com

Mendag Akui Kordinasi Antar Instansi Pendorong Kestabilan Harga Pangan

JAKARTA, LASPELA- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa upaya pemerintah menjaga kestabilan pangan karena kerja sama kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah. Tanpa kerja sama ini kestabilan harga pangan tak akan terjadi.

“Ini karena kerja sama kementerian lembaga dan pemda pusat dan kota, ini orkestrasi dipimpin presiden. Mentan memproduksi kemudian kepolisian, KPPU serta Bulog berjalan dengan baik,” kata dia, Rabu 28 Juni 2017.

Menurutnya, pasokan lebih dari cukup bahkan hingga H+3 berpotensi tekendali. Dia mengatakan ini dengan melihat harga pangan di Pasar Cihapit Kota Bandung yang memiliki segmen menengah ke atas. Di pasar yang mahal ini harga bawang putih dan komoditas lainnya dijual dengan harga yang cukup murah.

Dia pun memastikan tidak terjadi lonjakan harga signifikan beberapa bahan kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional usai Lebaran 2017. Diakuinya, usai kenaikan beberapa harga pangan masih dalam batas wajar, yang disebabkan oleh beberapa faktor yang masih bisa ditoleransi.

“Ada sedikit kenaikan karena cuma satu dua pedagang yang baru buka, tapi itu jauh di bawah kondisi tidak normal pada tahun-tahun sebelumnya,” pungkas dia.

Sumber: Metrotvnews

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: