Home / HEADLINE / Iran, Tim Asia Pertama Lolos ke Final Piala Dunia 2018 di Rusia
Para pemain Timnas Iran meluapkan kegembiraan mereka usai memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. (AFP)

Iran, Tim Asia Pertama Lolos ke Final Piala Dunia 2018 di Rusia

TEHERAN, LASPELA– Iran menjadi tim ketiga yang memastikan berlaga pada putaran final Piala Dunia 2018 setelah tuan rumah Rusia dan raksasa Amerika Latin, Brasil.

Kepastian ini didapatkan setelah tim asuhan Carlos Queiroz tersebut menaklukkan Uzbekistan 2-0 di Stadion Azadi, Teheran, Senin (12/6) malam.

Iran juga merupakan tim Asia dan luar Zona Amerika Latin pertama yang memastikan diri merebut tiket melaju ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.

Dalam matchday ke delapan lanjutan kualifikasi Zona Asia putaran ketiga Grup A yang berlangsung di Azadi Stadium, Teheran, Senin (13/6/2017) malam waktu setempat, Team Melli, julukan Iran, berhasil mengalahkan salah satu penantang terdekatnya Uzbekistan dengan skor 2-0 (1-0).

Dengan kemenangan ini, dari 8 partai, Iran kian mengokohkan posisinya di puncak klasemen dengan mengumpulkan 20 poin. Jumlah yang tidak mungkin dapat disamai atau dilampaui Uzbekistan (peringkat ketiga) yang baru mendulang 12 angka, mengingat partai yang tersisa hanya terdiri dari dua pertandingan alias maksimal 6 poin.

Sebaliknya, kekalahan ini kian menyulitkan peluang Uzbekistan bersaing dengan Korea Selatan (Korsel) memperebutkan posisi dua besar alias tiket otomatis terakhir.

Melihat klasemen, Korsel sangat berpeluang mendampingi Iran ke Rusia.

Sementara, Uzbekistan paling banter melaju ke putaran keempat atau babak play-off menghadapi tim peringkat ketiga Grup B.

Tampil Mendominasi

Mendominasi jalannya pertandingan sejak babak pertama, anak-anak asuhan Carlos Queiroz unggul 1-0 di menit ke-23. Gol ini tak lepas dari kesalahan barisan belakang Uzbekistan menerapkan perangkap offside.

Alhasil, berdiri bebas tanpa kawalan, striker Sardar Azmoun melakukan akselerasi sendirian ke kotak penalti. Melihat pergerakan kiper Aleksandr Lobanov, dengan dingin Azmoun melepaskan tembakan mendatar yang meluncur di sela-sela kaki kiper. Skor 1-0.

Tiga menit setelah babak kedua dimulai, Iran pantas menambah keunggulan. Namun, penalti yang terbilang kontroversial gagal dimanfaatkan kapten Masoud Shojaei. Meski mampu mengecoh pergerakan kiper Lobanov, arah tendangan Shojaei justru melambung jauh di atas mistar.

Meski demikian, Iran terus menyerang. Usaha yang baru berhasil dua menit menjelang waktu normal berakhir. Umpan terobosan Azmoun tertuju pada Mehdi Taremi. Mengecoh pergerakan bek Uzbekistan, Taremi dengan brilian melepaskan tembakan yang membuat bola mendarat di pojok kiri gawang Lobanov. Skor 2-0 untuk Iran.

Dengan keberhasilan ini, Iran mengikuti jejak tim raksasa Brasil yang sebelumnya pada akhir Maret lalu juga telah memastikan merebut tiket otomatis dari Zona Amerika Latin.

Sumber: Berbagai sumber
Editor   : Stefanus H. Lopis 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: