Home / NEWS / Rossi Beri Penghargaan untuk Francesco Totti
Pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi, memegang helm berdesain khusus saat menjalani GP Italia di Sirkuit Mugello, 2-4 Juni 2017. Foto: @Totti

Rossi Beri Penghargaan untuk Francesco Totti

MUGELLO, LASPELA- Pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, memberikan penghargaan bagi pesebak bola Italia yang pensiun pekan lalu, Francesco Totti. Penghargaan Rossi diwujudkan lewat desain helm yang dia pakai selama menjalani GP Italia di Autodromo del Mugello, akhir pekan ini.

Rossi memang punya tradisi tampil dengan helm berdesain spesial kala berlaga pada GP Italia. Kali ini, helmnya diwarnai unsur sepak bola.

“Helm kali ini untuk Francesco Totti yang minggu lalu pensiun. Dia adalah salah satu idola saya saat masih muda. Dia merupakan salah satu tokoh olahraga terbesar Italia dalam 20 tahun terakhir,” kata Rossi dalam konferensi pers setelah sesi kualifikasi GP Italia, Sabtu (3/6/2017).

Di bagian atas helm, ada gambar kartun Rossi memakai baju tim nasional sepak bola Italia. Dia memegang bola seolah akan melakukan tendangan penalti.

Di bagian belakang helm Rossi terdapat tulisan dalam bahasa Italia yang berarti “Seorang kapten… Hanya ada satu orang kapten!”

Ide desain ini muncul saat Rossi dan beberapa teman menyaksikan pertandingan terakhir Totti bersama AS Roma, Minggu (28/5/2017).

Rossi menyaksikan pertandingan sambil berbaring di tempat tidur karena masih dalam proses pemulihan setelah mengalami kecelakaan saat berlatih motokros pada Kamis (25/5/2017).

Mereka lalu membahas tentang Totti dan pertandingan semifinal Euro 2000 ketika Italia bertemu Belanda.

Pada laga tersebut, Italia keluar sebagai pemenang setelah unggul 3-1 dalam adu penalti. Totti menjadi salah satu eksekutor yang menyumbang gol kemenangan Italia.

Di helm Rossi terdapat tulisan “Mo’ je faccio er cucchiaio”Cucchiaio berarti “sendok” yang merujuk pada salah satu jenis tendangan penalti Totti.

“Teman-teman saya lalu berkata bahwa saya bisa melakukan cucchiaio juga pada GP Italia. Saya katakan, ‘Ini akan jadi desain helm saya’. Dan Senin, kami melakukannya,” kata Rossi lagi.

Selain untuk Totti, Rossi juga memberikan tribute (penghargaan) kepada pebalap Amerika Serikat yang meninggal dunia pada 22 Mei kemarin, Nicky Hayden.

Dia memasang nomor “469” di helmnya, yang merupakan kombinasi dari nomor motor Rossi (46) dan Hayden (69).

Rossi juga memasang nomor 58 milik pebalap Italia yang meninggal dunia pada Oktober 2011, Marco Simoncelli.

Dari semua desain yang pernah dipakai balapan di Sirkuit Mugello, Rossi menyebut helm dengan gambar ekspresi mukanya pada GP Italia 2008 sebagai pilihan terfavorit.

Rossi akan memulai balapan GP Italia, Minggu (4/6/2017), dari baris terdepan start setelah berhasil mencatat putaran kedua tercepat pada sesi kualifikasi.

Sumber: Juara

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: