Home / BANGKA BELITUNG / Plt Bupati Bateng ke Pengurus BUMDes: Kembangkan Bisnis Prospektif
Plt Bupati Bangka Tengah, Ir. Ibnu Saleh.

Plt Bupati Bateng ke Pengurus BUMDes: Kembangkan Bisnis Prospektif

PANGKALAN BARU, LASPELA- Plt. Bupati Bangka Tengah (Bateng) Ir. Ibnu Saleh, MM meminta para direktur dan pengurus Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Bangka Tengah agar mengembangkan bisnis yang lebih prospektif dan punya pangsa pasar menjanjikan.

Hal tersebut disampaikan Ibnu Saleh saat membuka kegiatan Penguatan Ketrampilan Manajemen Bumdes se-Bangka Tengah di Grand Vella Hotel Pangkalan Baru pada 17-19 Mei 2017.

“Para direktur dan pengurus Bumdes dengan segala keterbatasan saya imbau untuk tetap melaksanakan potensi di desa dengan optimal terutama dalam mengembangkan bisnis yang punya propek pasar menjanjikan ke depan,” kata Ibnu Saleh, Rabu (17/5) malam.

Ibnu Saleh lantas menghimbau para pengurus Bumdes di daerah tersebut agar dalam melaksanakan bisnis jangan hanya terdorong oleh keinginan untuk coba-coba.

“Saya tekankan, jangan kembangkan bisnis sesuai apa kata orang, jangan mau coba-coba dan hanya tergiur untuk mendapatkan untung besar dalam waktu singkat karena yang jauh lebih penting adalah perputaran. Inilah yang namanya manajemen perputaran,” tukas Ibnu.

Dia berharap kegiatan ini menjadi momentum kebangkitan Bumdes di desa-desa agar usaha di Bumdes menjadi lebih menguntungkan serta membantu meningkatkan PAD desa.

“Selain meningkatkan PAD juga memberdayakan para direksi dan pengurus Bumdes,” pungkasnya.

Disinggung mengenai kendala anggaran, Ibnu menyampaikan “anggaran cukup banyak tergantung prospek dari usaha tersebut”.

Terkait desa-desa yang belum memiliki Bumdes, Ibnu juga meminta Dinas Sosial PMD membentuk Bumdes karena penting mengajarkan masyarakat agar berusaha.

“Sebenarnya masyarakt kita adalah pengusaha. Petani, peternak itu pengusaha,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kerjasama dan Pembangunan desa Junainatul Hasanah berharap agar Bumdes yang belum aktif semoga kegiatan ini membuka wawasan tentang peluang usaha yang bisa dikembangkan untuk memajukan desa sesuai potensi karakteristik masyarakat masing-masing.

“Intinya BUMDes itu harus membuat desa jadi lebih mandiri,” pungkasnya kepada LASPELA.

Penulis/Editor: Stefanus H. Lopis

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: