Home / BANGKA BELITUNG / Jaga Harmoni Umat Beragama, FKUB Belitung Roadshow ke Desa-desa
Tim FKUB Kabupaten Belitung saat roadshow ke desa-desa di daerah tersebut. (Foto: Junianto)

Jaga Harmoni Umat Beragama, FKUB Belitung Roadshow ke Desa-desa

TANJUNGPANDAN, LASPELA- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Belitung terus berupaya mengkulturkan harmoni antar umat beragama di daerah tersebut. Meski selama ini masyarakat Belitung selalu hidup berdampingan dengan rukun, namun upaya ini terus digalakan untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya hal-hal yang tak dinginkan bersama.

Ketua FKUB Belitung Drs H Ramansyah mengatakan, masyarakat Belitung sangat menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan gotong royong antar sesama. Inilah yang menyebabkan masyarakat selalu harmonis.

Meskipun belakangan ini di level nasional kerukunan umat beragama sedang terkoyak, Ketua FKUB memastikan Belitung tidak terpengaruh dengan kondisi tersebut.

Dalam beberapa kesempatan, FKUB akhir-akhir sering melakukan kegiatan roadshow ke desa dan kelurahan di Belitung. Ini salah satu wujud menjaga kerukunan umat dan menangkal faham-faham yang bertentangan dengan dasar-dasar negara.

Kegiatan yang dilakukan lebih banyak dialog dengan masyarakat. Ini juga untuk menjalin kedekatsn, sehingga potensi konflik sekecil apapun lebih cepat di antisipasi.

“Kita terus melakukan dialog tokoh dan masyarakat lintas agama di desa dan kelurahan dalam mewujudkan kerukunan dari FKUB,” kata Ramansyah, Rabu (17/5/2017).

Penulis: Junianto
Editor : Stefanus H. Lopis

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: