Home / BANGKA BELITUNG / Disdukcapil Beltim Kembali Cetak KTP Elektronik
Petugas sedang melayani pembuatan e-KTP di Belitung Timur. Foto: humas

Disdukcapil Beltim Kembali Cetak KTP Elektronik

2017 Ditargetkan Warga yang Sudah Merekam akan Miliki e-KTP

MANGGAR, LASPELA– Kabar gembira, bagi penduduk Kabupaten Belitung Timur (Beltim) yang belum pernah memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Beltim akan segera mencetak dan mendistribusikan 3.127 buah e-KTP di daerah itu.

Disdukcapil Kabupaten Beltim sejak pertengahan April 2017 lalu sudah menerima sebanyak 4.000 blangko e-KTP dari Kementerian Dalam Negeri.

Namun khusus untuk pencetakan e-KTP, hanya diprioritaskan bagi penduduk yang belum pernah menerima e-KTP.

“Gelombang pertama ini khusus bagi 3.127 penduduk yang masuk daftar tunggu dan sudah melakukan perekaman. Sesuai Instruksi Kemendagri, yang kita utamakan hanya yang belum pernah dapat,” ungkap Kepala Seksi Pindah, Datang, dan Pendataan Penduduk, Aspandi seizin Kepala Disdukcapil Beltim, Ernadi, Kamis (4/5/2017).

Aspandi menyebutkan, hingga saat ini baru sekitar tiga ratusan orang penduduk yang sudah mengambil e-KTP. Disdukcapil baru akan mencetak e-KTP, jika penduduk yang sudah melakukan perekaman datang ke kantor.

“Mayoritas yang melakukan pencetakan e-KTP adalah pelajar yang ingin melanjutkan sekolah ke luar daerah. Bagi warga yang ingin dapat e-KTP mereka bisa datang ke kantor dengan membawa fotocopy Kartu Keluarga atau Surat Keterangan,” terang Asandi.

Menurut pria yang akrab dipanggil Pandi itu, dari 4.000 blangko yang diterima, sisa sebanyak 873 lembar akan digunakan untuk kebutuhan yang mendesak. Saat ini Ia menyebutkan ada sekitar seribuan warga yang sudah pernah punya e-KTP namun minta dibuatkan e-KTP baru karena ada perubahan status kependudukan, hilang, dan lain-lain.

“Buat yang sudah pernah cetak kita pending, nanti kita akan cetak di gelombang ke dua. Kecuali, kondisinya sangat mendesak dan butuh harus ada e-KTP bisa kita cetak,” kata Pandi.

Pandi optimistis jika pelayanan pembuatan e-KTP ke depan akan lebih mudah dan cepat, mengingat Disdukcapil sudah bisa mengadakan tinta dan tinggal mengajukan kekurangan blangko. Namun Ia tak memungkiri jika kendala dari server atau sistem masih bisa saja terjadi.

“Kalau tinta kita aman. Blangko tinggal kita ajukan pas sudah mau habis. Cuman paling kendalanya diserver pas online, kadang tidak bisa langsung siap cetak,” ujarnya.

Disdukcapil Beltim sendiri menargetkan tahun hingga akhir 2017 ini seluruh penduduk Kabupaten Beltim yang sudah melakukan perekaman akan memiliki e-KTP. Setidaknya tercatat ada 71.690 orang penduduk yang belum memiliki e-KTP. (*/jun)

Editor: Stefanus H. Lopis

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: