Home / HEADLINE / CNNINDONESIA.COM / Anies-Sandi Janji Jaga Kebhinekaan
Ahok-Djarot dan Anies-Sandi

Anies-Sandi Janji Jaga Kebhinekaan

JAKARTA, LASPELA- Pasangan calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakil gubernur Sandiaga Uno merayakan kemenangan hasil perhitungan cepat sementara berbagai hasil survei. Selain Anies-Sandi, berkumpul para tim sukses di rumah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (19/4), seperti dilansir laman CNN Indonesia.

Bila memimpin Jakarta, Anies mengucapkan janji akan membereskan masalah-masalah ibu kota dan konsisten menjaga keadilan sosial. Dia juga menyatakan akan memperjuangkan persatuan.

“Kami akan berkomitmen menjaga Jakarta sebagai kota yang paling bhineka dan berkomitmen untuk memperjuangkan persatuan, dan merayakan kesatuan,” kata Anies dalam pidato disambut riuh tepuk tangan, Rabu (19/4).

Anies juga mengatakan akan berkoordinasi dan bekerjasama dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Syaiful dalam bekerja membangun Jakarta.

Pada perayaan tersebut, tampak pengusaha Hary Tanoe, politikus Fadli Zon, Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais dan Ketua Dewan  Pertimbangan Golkar Aburizal Bakrie.

Prabowo menyatakan enggan jumawa terhadap hasil hitung cepat beberapa lembaga survei yang memenangkan pasangan calon nomor urut tiga.

Selain itu, Prabowo juga berjanji akan merangkul semua pihak jika memenangkan kontestasi putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017.

“Jelas. Kami rangkul semua pihak. Kami ini anak bangsa. Anak-anak Indonesia, kami di satu kapal, harus bersatu, rukun, harus bersatu semua agama, suku, itu komitmen saya jelas itu,” ujarnya.

Prabowo berkata, Pilkada DKI Jakarta seharusnya tidak dibuat tegang. Pemilihan itu seharusnya disikapi secara biasa.

Selain itu, Prabowo juga memastikan akan mengawal Anies-Sandi dalam perjalanan sebagai gubernur dan wakil gubernur lima tahun mendatang. “Mereka korupsi, saya dan pendukung saya akan berusaha keras untuk menurunkan mereka, tapi insya Allah tidak,” kata Prabowo.

Ahok-Djarot Ucapkan Selamat

Sementara itu, calon wakil gubernur Djarot Saiful Hidayat mengucapkan selamat atas keunggulan Anies Baswedan-Sandiaga Uno berdasarkan hasil hitung cepat Pilkada DKI Jakarta. “Saya ucapkan selamat kepada Pak Anies-Sandi, sambil menunggu hasil real count,” kata Djarot di Hotel Pullman, Jakarta.

Djarot didampingi gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama dan sejumlah petinggi partai pendukung.

Djarot juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga DKI Jakarta yang telah memberikan hak pilihnya. Ia mengapresiasi pelaksanaan pemungutan suara sehingga bisa berjalan damai dan lancar.

“Siapapun yang terpilih nanti adalah pemipin kita bersama,” kata Djarot.

Meski sudah ada perhitungan cepat, Djarot meminta masyarakat menunggu hasil perhitungan resmi Komisi Pemilihan Umum.

Berdasarkan perhitungan cepat, hingga saat ini Anies-Sandi juga masih unggul berdasarkan quick count dari VoxPol, Polmark, dan Saiful Mujani Research and Consulting.

Hitung cepat dari Polmark hingga pukul 15.37 WIB mencatat Anies-Sandi memimpin dengan suara 57,42 persen dan Ahok-Djarot meraih 42,58 persen suara. Jumlah itu berdasarkan 91,5 persen suara yang masuk penghitungan.

Sedangkan berdasarkan hitung cepat Voxpol pada jam yang sama, Anies-Sandi mendapat 58,90 persen suara dan Ahok-Djarot 41,10 persen suara dari 82,88 persen total suara masuk.

Hasil SMRC tak jauh berbeda. Dari 89,09 persen suara masuk, Anies-Sandi unggul dengan 58,21 persen suara dan Ahok-Djarot 41,79 persen suara.

Sumber: CNN

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: