Home / BANGKA BELITUNG / “Kolam Renang Es Batu Siap!”
Fasilitas kolam renang di Tanjung Pesona Beach Resort & Spa. Foto: Stef HL

“Kolam Renang Es Batu Siap!”

  • Yohannes Then: Turunkan Suhu Peserta Triathlon
  • Tersedia Kelapa Segar Baru Dipetik dari Pohon
  • Saksikan Menariknya Atraksi Petik Kelapa
  • Bupati Tarmizi: Hadir dan Saksikan Triathlon

Oleh: Agus Ismunarno & Eko SR 

MANAJEMEN Tanjung Pesona Beach Resort & Spa menyiapkan dengan rinci segala sesuatu yang membuat peserta Sungailiat Triathlon 2017 bisa benar-benar menikmati sport tourism internasional yang digelar 22 April 2017 mendatang itu.

“Tanjung Pesona sebagai pusat venue menyatakan siap menyambut dan melayani peserta Sungailiat Triathlon. Tempat relaksasi peserta lomba untuk menurunkan suhu tubuh dan mengendorkan otot tubuh sudah kami siapkan kolam renang dengan es batu,” kata Yohannes Then, General Manager Tanjung Pesona Beach Resort & Spa.

Selain kolam renang es batu, kata Yohannes, disiapkan pula buah kelapa segar yang dipetik langsung dari kebun kelapa Tanjung Pesona. “Asli segar karena dipetik langsung dari pohon kelapa Tanjung Pesona. Selain itu kami siapkan pula atraksi memetik buah kelapa di Pinggir Pantai Tanjung Pesona sambil menikmati buah kelapa segar dari pohonnya,” janji Yohannes.

Kamar untuk tamu hotel selama 3 hari dari tanggal 21 sampai dengan 23 April 2017 sudah full book. Yohannes berharap, “Kita berharap Bapak Menpora bisa hadir membuka acara yang prestisius ini dan berkenan menginap di Hotel Tanjung Pesona.”

Ia juga mengatakan bahwa persiapan venue seperti safety saat berenang di Pantai Tanjung Pesona dan lari sudah siap. “Sudah siap. Termasuk area penyimpanan sepeda juga sudah siap,” kata Yohannes.

Target 600 Peserta

Gelaran sport tourism bertaraf internasional Sungailiat Triathlon yang digelar sejak 2012 itu menargetkan 600 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia dan mancanegara, kata Bupati Bangka, Tarmizi H. Saat

Peserta yang sudah mendaftar untuk Sungailiat Triathlon 2017 sudah mencapai 532 orang yang berasal dari 15 negara dan 16 provinsi di Indonesia. Gelaran even akbar ini juga merupakan sinergi antara Kementrian Pariwisata dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Saya mengundang warga masyarakat untuk berbondong-bondong menyaksikan event dunia yang sangat langka ini,” ajak Tarmizi

Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap melalui  gelaran ini diharapkan dapat mendongkrak pariwisata di Bangka Belitung, khususnya Kabupaten Bangka.  “Kami menargetkan 500 wisatawan mancanegara dan 5.000 wisatawan domestik yang hadir untuk melihat acara ini,” kata  Arief Yahya.

Arief menjelaskan, “Jika dijabarkan, 30 persen pendapatan dari pengadaan sport tourism ini didapat dari direct revenue (contoh: penjualan tiket), 20 persen dari komersil (contoh: penjualan souvenir, jersey) dan 50 persen sisanya dari advertising (siaran di media).”

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengamini penjelasan tersebut. “Kegiatan olahraga dengan level internasional seperti Sungailiat Triathlon ini tentu saja berkesinambungan dengan sektor pariwisata, jadi saya sangat mendukung sport tourism ini karena mempunyai impact value yang besar,” tuturnya.

Melalui sinergi bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Menpar menginginkan sport tourism bisa berkontribusi terhadap peningkatan jumlah wisatawan mancanegara (Wisman) yang mengunjungi Indonesia dan PDB Indonesia

Persiapan dan perbaikan di beberapa sektor untuk memuluskan pencapaian target tersebut dilakukan. Presiden Triathlon Buddies, Chaidir Akbar mengatakan, “Salah sektor yang masih menjadi kendala adalah transportasi udara bagi peserta atau wisatawan mancanegara dan kurangnya hotel di dekat venue. Kedua hal ini cukup vital untuk mendongkrak peserta atau wisman.”

“Ini adalah salah satu dari sejumlah upaya mengalihkan sektor industri ke pariwisata yang menjadi tulang punggung provinsi kami. Pariwisata Bangka Belitung akan lebih dikenal dengan penyelenggaraan event skala nasional maupun internasional,” kata Gubernur Bangka Belitung, Rustam Effendi.

Teknis lomba  terdapat tiga kategori di Sungailiat Triathlon 2017, yakni Long Distance (1,9 km renang, 90 km sepeda, 21,1 km lari), Stardart Distance (1,5 km renang, 40 km sepeda, 10 km lari) dan Sprint (750 m renang, 20 km sepeda, 5 km lari).

Triathlon merupakan jenis olahraga yang menggabungkan tiga olahraga yakni berenang, lari, dan bersepeda. Sungailiat Triathlon masih menjadi favorit para peserta karena keindahan alamnya. (ril)

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: