Home / BANGKA BELITUNG / KPU RI Apresiasi Pilkada Babel Berjalan Tertib dan Aman
Komisioner KPU RI Arief Budiman (foto: istimewa)

KPU RI Apresiasi Pilkada Babel Berjalan Tertib dan Aman

PANGKALPINANG, LASPELA– Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mengapresiasi penyelenggara pelaksanaan Pilkada 2017 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang berjalan tertib dan damai.

“Sampai saat ini belum menerima catatan-catatan khusus terkait kinerja komisioner KPU Babel dalam menjalankan tugasnya menyelenggarakan Pilgub,” kata Komisioner KPU RI Arief Budiman di Pangkalpinang, Minggu.

Ia menerangkan salah satu ukuran baiknya kinerja KPU daerah ini antara lain belum adanya teguran dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP) pada saat bergulirnya tahapan Pilkada 2017.

“Kami telah melakukan analisa sementara mengenai pelaksanaan Pilkada di tujuh kabupaten/kota di Babel yang berjalan baik dengan indikator proses rekapitulasi dari tingkat kecamatan hingga provinsi yang berjalan transparan,” ujarnya.

Selain itu, kata dia KPU RI telah melakukan pengecekan dengan menanyakan langsung kepada pihak KPU tingkat kabupaten/kota mengenai sikap penolakan dari pihak tertentu terhadap proses rekapitulasi suara.

“Pengecekan tersebut menyatakan tidak ada sikap penolakan dan hanya menemukan koreksi terkait kesalahan penulisan atau administratif,” katanya.

Menurut dia KPU RI bersama dengan KPU yang berada di daerah pemilihan memiliki tanggung jawab terhadap suksesnya setiap tahapan Pilkada 2017.

“Kami selalu memastikan bahwa proses pemilihan kepada daerah berjalan dengan baik, salah satunya dengan cara monitoring dan supervisi tahap awal sampai akhir Pilkada,” katanya.

Ia mengatakan evaluasi akhir pelaksanaan Pilkada 2017 akan disampaikan oleh KPU RI apabila telah melakukan perbandingan pelaksanaan pemilu di berbagai daerah lainnya,” ujarnya.

Sumber: Antara
Editor   : Stef H. Lopis 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: