Home / BANGKA BELITUNG / EDU-BUDAYA / KABUPATEN BANGKA SELATAN / NEWS

Kamis, 16 Februari 2017 - 06:04 WIB

WOW, Desa Nadung Mulai Kembangkan Teh Daun Pelawan

Rizal, Kades Nadung.

Rizal, Kades Nadung.

Akan Dikembangkan Oleh BUMDes

TOBOALI, LASPELA- Desa-desa di Kabupaten Bangka Selatan nampaknya mulai menunjukkan keunggulannya masing-masing sebagai identitas desa yang bernilai ekonomis.

Kali ini giliran Desa Nadung di Kecamatan Payung yang menunjukkan keunggulannya yakni berupa produk minuman berasal dari hutan belantara yang dinamai teh daun pelawan

Selama ini, kayu bernama pelawan hanya dimanfaatkan masyarakat sebagai kayu bakar, Junjung lada dan juga sebagai sumber lebah untuk menghasilkan madu bunga pelawan.

Namun setelah melalui proses penelitian, ternyata daun pelawan juga dapat dijadikan teh.

Berbekal hasil penelitian dengan ditopang bahan baku yang sangat banyak, akhirnya dengan bantuan mitra bernama Tedy selaku konsultan Produk Teh Pelawan, Pemdes Nadung mulai mengembangkan Teh Daun Pelawan.

Hal tersebut diungkapkan Rizal selaku Kades Nadung. Menurut Rizal, saat ini pihaknya mulai mengembangkan produk unggulan desa yakni Teh Daun Pelawan yang berdasarkan hasil penelitian berkhasiat sebagai antioksidan, menjaga metabolisme tubuh, menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan, mengadung Vitamin C dan E, serta masih banyak khasiat bagi kesehatan lainnya.

“Saat ini kami mulai mengembangkan produk unggulan desa yakni Teh Daun Pelawan yang berdasarkan hasil penelitian berkhasiat sebagai antioksidan, menjaga metabolisme tubuh, menurunkan kolesterol, menurunkan berat badan, mengadung Vitamin C dan E dan masih banyak khasiat lainnya,” katanya kepada LASPELA, Senin (13/02/2017).

Dirinya juga menjelaskan, potensi bisnis Teh Daun Pelawan nantinya akan dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dengan kemasan berupa teh siap minum dalam bentuk cup dan juga dalam bentuk teh celup yang nantinya akan dipasarkan di Basel maupun di daerah lainnya.

Saat ini, jelas Rizal, pihaknya dibantu oleh konsultan pribadi untuk mengurus legalitas produk dan legalitas Bumdes sehingga nantinya tidak menyalahi aturan.

Dia optimistis Teh Daun Pelawan akan menjadi produk unggulan desa Nadung yang bisa membantu perekonomian masyarakat melalui peran Bumdes setempat.

Reporter: Wiwin Suseno
Editor    : Stefan H. Lopis 

Share :

Baca Juga

BANGKA BELITUNG

Walikota Cari Cara Agar Pemerintah Pusat Bantu RSUD dan Alkes

BANGKA BELITUNG

34 Mahasiswa STISIPOL P-12 Diwisuda

BANGKA BELITUNG

Bangka Barat Fair 2018 Telah Usai, Stand Terbaik Diraih PT. Timah

BANGKA BELITUNG

Kapolres AKBP Slamet Ajak Masyarakat Tolak Paham Radikalisme, Terorisme, dan Intoleransi

BANGKA BELITUNG

Pasar Koba Mulai Ramai Dikunjungi Pembeli

BANGKA BELITUNG

Pembangunan Persiapan Porprov 2022 Akan Memaksimalkan Penyerapan Dana Dari Provinsi

BANGKA BELITUNG

Gubernur Ajak Masyarakat Turut Sukseskan Kejurnas Wushu di Babel

BANGKA BELITUNG

Dukung Kemajuan Sepak Bola Babel, PT Timah Salurkan Bantuan untuk Dua Organisasi
Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: