Home / BANGKA BELITUNG / Pers Diminta Mencerdaskan Masyarakat

Pers Diminta Mencerdaskan Masyarakat

TANJUNGPANDAN, LASPELA– Erwandi A.Rani, Wakil Bupati Belitung memimpin upacara Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Kabupaten Belitung, Senin (13/2/2017). Dalam sambutannya dia mengatakan, pers punya peran penting sebagai kontrol, baik di pemerintahan maupun masyarakat.

Karena itu, dirinya berharap agar kehadiran insan pers selain menjadi kontrol sosial yang baik dan benar serta bertanggung jawab, juga menjadi media pembelajaran yang mencerdaskan masyarakat.

“Pers ini harus ada dan wajib di setiap daerah dengan begitu bisa memberikan kontrol sosial sehingga bisa menyampaikan kritik, pesan dan harapan bagi masyarakat. Pers harus mencerdaskan masyarakat,” katanya, Senin (13/2/2017).

Rudi Hartono, Sekertaris Komisi III DPRD Kabupaten Belitung menilai, peran pers sangat penting dan strategis dalam kehidupan sosial masyarakat. Selain itu peran pers juga sangat penting dalam menunjang kemajuan suatu daerah dengan memberikan informasi yang membangun.

“Tanpa pers tentunya masyarakat akan lambat mengetahui sebuah informasi baik itu mengenai peraturan daerah, pembangunan maupun informasi di bidang lainya,”katanya.

Irfan Agustiawan, Ketua panitia HPN 2017 berharap momentum HPN dapat meningkatkan profesionalisme para pekerja media.

“Saya harapkan momentum ini rekan-rekan jurnalis bisa meningkatkan profesionalisme kerja di dalam mencari bahan untuk pemberitaan, serta menjunjung tinggi kode etik jurnalistik,”katanya.

Sementara Ketua Perwabel Yurman Aben mengatakan, fungsi pers sangatlah penting dalam membangun bangsa bahkan sejak era sebelum kemerdekaan. Lantas, dengan perkembangan pers yang semangkin maju baik wartawan dan pers pada umumnya, harus dapat menjaga integritas dan memegang teguh kode etik yang menjadi pedoman dalam menjalan profesinya.

“Saya berharap peringatan HPN ini tidak hanya sekedar seremonial belaka namun refleksi bersama untuk semakin baik di masa yang akan datang,”ujarnya.

Penulis: Junianto
Editor  : Stefan H. Lopis 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: