Home / BANGKA BELITUNG / Musrenbang Kecamatan Harus Sesuai Visi dan Misi Daerah 
Suasana berlangsungnya Musrenbang tingkat kecamatan Tanjungpandan, Selasa (7/2/2017). Foto: Junianto

Musrenbang Kecamatan Harus Sesuai Visi dan Misi Daerah 

TANJUNGPANDAN, LASPELA- Wakil Bupati Belitung, Erwandi A Rani, membuka kegiatan Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tanjungpandan, Selasa (7/2/2017).

Dalam sambutannya Erwandi Rani menyampaikan keinginannya agar musrenbang tingkat kecamatan yang digelar harus sesuai dengan visi-misi Bupati Belitung 2013-2018.

Dia menjelaskan, selama periode kepemimpinannya bersama Sahani Saleh (Sanem), ada tiga sektor yang jadi prioritas. Ketiga sektor tersebut yakni pariwisata, kelautan dan perikanan, serta sektor pelabuhan.

Maka, kata dia, seharusnya usulan-usulan musrenbang harus mendukung tiga sektor itu. Namun tentunya tidak melupakan sektor wajib yaitu kesehatan dan pendidikan.

“Misalnya kalau buat jalan ya harus memudahkan menuju akses wisata, kalau bikin program, bikin yang memudahkan nelayan menangkap ikan,” tegas Erwandi.

Erwandi juga menekankan setiap program yang diusulkan harus mampu menyejahterakan masyarakat. Saat ini momentum di Belitung adalah pariwisata. Setiap desa harus mampu memanfaatkan peluang ini.

“Anda boleh menciptakan objek baru di desa. Anda boleh juga menciptakan desa bersih, ajak warga bersama bersama Pak Kades membuat itu,”kata dia.

Wisata Desa

Isyak Meirobie, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, mengusulkan Pemerintah Kabupaten Belitung membuat Index of Happiness atau indeks kebahagiaan sebagai salah satu indikator yang digunakan untuk mengukur kesejahteraan masyarakat.

“Ini penting untuk mengetahui seberapa besar tingkat kebahagiaan warga Belitung,” kata Isyak. Ia juga meminta kepada seluruh Kades di Belitung agar membuat objek wisata baru di tiap desa.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Belitung, Ir. Hermanto, membenarkan hal itu. Disparekraf mensuport desa yang ingin mengembangkan objek wisata desa.

“Yang sudah ada wisata Desa Terong, Mangrove Kuale Sijuk, Bukit Paramon. Nah kita berharap yang lain bisa menyusul,” tandasnya kepada LASPELA.

Untuk diketahui, musrenbang yang dihadiri seluruh Kades se-Kabupaten Belitung, para Kepala SKPD, serta perwakilan masyarakat se-Kecamatan Tanjungpandan tersebut merupakan musrenbang tingkat kecamatan yang ketiga setelah Sijuk dan Membalong.

Penulis: Junianto
Editor  : Stefan H. Lopis

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: