Home / BANGKA BELITUNG / KABUPATEN BANGKA SELATAN / Tim Saber Pungli Basel Resmi Dikukuhkan

Tim Saber Pungli Basel Resmi Dikukuhkan

TOBOALI, LASPELA- Tim Satuan Tugas Pemberantasan Pungutan Liar Kab. Bangka Selatan (Saber Pungli Basel) resmi dikukuhkan oleh Bupati Bangka Selatan, Drs. H Justiar Noer di Balai Daerah Junjung Besaoh, Selasa (7/2/2017).

Tim Saber Pungli yang dikukuhkan dengan Keputusan Bupati Basel No: 188.45/7/INPT/2017 tersebut terdiri dari beberapa pokja yakni Pokja Intelijen, Pokja Pencegahan, Pokja Penindakan, dan Pokja Yustisi yang berasal  dari unsur Pemkab Basel, Polres Basel, Kejari Basel, TNI, Bin dan Satpol PP Basel dengan Ketua Pelaksana yakni Wakapolres Basel, Kompol. Bim Rekoaji, SE.

Turut hadir dalam pengukuhan tersebut unsur Pimpinan DPRD Basel, Kapolres Basel, Kajari Basel, Sekda Basel, Perwakilan Dandim 045 Garuda Jaya, Ass. Bupati Basel, Staff Ahli Bupati Basel, Bin Basel, Kepala SKPD Dilingkungan Pemkab Basel, Ketua MUI Basel, Ketua Lembaga adat Melayu Basel, Perwakilan tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Bupati Bangka Selatan Justiar Noer dalam sambutannya mengatakan, Pembentukan Saber pungli merupakan implementsai Kepres no 87 tahun 2016 tentang pembentukan Satgas Pungli dan merupakan wujud nyata pemerintah daerah terhadap pemberantasan pungli yang telah merusak sendi-sendi bangsa dan untuk mengembalikan kepercayaan publik sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik.

“Pembentukan Saber pungli merupakan implementsai Kepres no. 87 tahun 2016 tentang pembentukan Satgas Pemberantasan Pungutan Liar dan merupakan wujud nyata pemerintah daerah terhadap pemberantasan pungli untuk mengembalikan kepercayaan publik sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik,”kata Justiar.

Ia berharap, Tim Saber pungli dapat bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tugas dan fungsinya. Para petugas juga diminta melek teknologi sehingga informasi yang didapatkan pun lebih akurat.

Justiar berharap, pembentukan tim Saber Pungli ini jangan hanya seremonial semata, melainkan bekerja nyata sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat dan daerah.

Karena itu, dirinya menghimbau agar setelah pengukuhan Tim segera melakukan maping unit-unit kerja yang dianggap rawan pungli.

Bim Rekoaji selaku Ketua Pelaksana kepada awak media mengatakan, pihaknya akan segera melakukan aksi mulai dari Maping sampai Operasi Tangkap Tangan (OTT) dan pihaknya juga akan membuat Hot line pengaduan bagi masyarakat.

Untuk itu dirinya mengharapkan peran serta masyarakat guna memberikan informasi terkait Pungli di Basel.

Penulis: Wiwin Suseno
Editor : Stefan H. Lopis

About Isromi LASPELA

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: