Home / HEADLINE / Polri Minta tak Ada Demo di Masa Tenang  
Kadiv Humas Polri, Irjen Boy Rafli Amar. (foto: istimewa)

Polri Minta tak Ada Demo di Masa Tenang  

Mendagri Optimistis Pilkada Lancar 

JAKARTA, LASPELA- Kepolisian Republik Indonesia mengimbau masyarakat agar menjaga situasi tetap kondusif pada masa tenang pilkada 2017.

“Agar pesta demokrasi berjalan sesuai agenda sehingga nilai demokrasi bisa baik. Kita berharap tidak ada konflik. Polisi sangat berharap kondisi seperti itu terpenuhi,” ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Kamis (2/2/2017).

Boy menjelaskan, Polri telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mewujudkan situasi tenang menjelang pilkada. Namun, peran masyarakat tak kalah penting untuk mewujudkan situasi yang kondusif tersebut.

Boy pun meminta masyarakat tidak menggelar demonstrasi pada rentang 12 hingga 14 Februari. Dikatakannya, Polri telah mendapat informasi akan adanya aksi massa pada masa tenang. “Itu kan masa tenang, masa panitia untuk persiapan,’’ tegasnya.

Sejauh ini Polri mencatat pelaksanaan pilkada di 101 daerah terpantau normal. Tiga daerah yang tergolong rawan dan menjadi sorotan ialah DKI Jakarta, Aceh, dan Papua.

Di tempat terpisah, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo optimistis pilkada serentak di 101 daerah pada 15 Februari mendatang akan berjalan lancar. Pihaknya sudah ber-koordinasi dengan seluruh pihak terkait termasuk TNI dan Polri untuk menjamin situasi tetap aman.

“Sebagai Mendagri saya optimistis walau pemetaan berbagai pihak ada daerah yang diindikasikan rawan. Semua pihak baik penyelenggara (KPU dan Bawaslu) maupun tim pengamanan dan tim hukum sudah berkoordinasi,” kata Tjahjo.

Sumber: Media Indonesia

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: