Home / BANGKA BELITUNG / Unik, Nuansa Melayu Bakal Hiasi Pembukaan Hari Jadi Basel ke-14 
Ir. Budi Setyo, Ketua Panitia hari jadi Basel ke-14.

Unik, Nuansa Melayu Bakal Hiasi Pembukaan Hari Jadi Basel ke-14 

TOBOALI, LASPELA- Kabupaten Bangka Selatan (Basel) akan genap berusia 14 tahun pada 27 Januari 2017 nanti. Berbagai persiapanpun  terus dipersiapkan panitia penyelenggara. salah satu keunikan dalam peringatan HUT Basel kali ini yakni setiap tamu undangan akan mengenakan pakaian adat melayu dan teluk belango

Ir. Budi Setyo selaku Ketua Panitia hari jadi Basel ke-14 menjelaskan, penggunaan pakaian adat melayu dan teluk belango itu merupakan momentum mengangkat kembali tradisi melayu yang selama ini sudah jarang ditampilkan pada event-event daerah.

Padahal, kata dia, Bangka Selatan merupakan bagian dari melayu yang memiliki ciri khas pakaian adatnya.

“Penggunaan pakaian adat melayu dan teluk belango pada peringatan hari jadi ke-14 Kab. Basel merupakan momentum mengangkat kembali tradisi melayu yang selama ini sudah jarang ditampilkan pada event-event daerah,” ungkapnya kepada LASPELA, Senin (23/01/2017).

Untuk diketahui, selain upacara peringatan Hut Basel ke-14 yang akan dilaksanakan di halaman kantor Bupati Basel pada 27 Januari mendatang, juga akan diadakan rapat Paripurna Istimewa di DPRD Basel.

Sesudahnya, rangkaian kegiatan lain yakni hiburan rakyat dan berbagai perlombaan di kecamatan masing-masing yang rencananya digelar setelah Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Babel agar tidak ada kesan politis ataupun pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan momen hari jadi Basel.

Khusus di Kecamatan Toboali, kata Budi Setyo, akan diadakan lomba gerak jalan sehat dengan  doorprise utama yakni 1 unit Sepeda motor dengan total hadiah sebesar Rp. 50.000.000.

“Selain itu, panitia juga akan mengundang para presidium Basel untuk diberikan Cindera mata sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh-tokoh presidium Kab. Basel yang telah memperjuangkan terbentuknya negeri Junjung Besaoh ini,” tandasnya.

Penulis: Wiwin Suseno
Editor  : Stefan H. Lopis

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: