Home / BANGKA BELITUNG / Petani Desa Kemuja Studi Banding Cara Menggarap Sawah ke Desa Rias Basel

Petani Desa Kemuja Studi Banding Cara Menggarap Sawah ke Desa Rias Basel

TOBOALI, LASPELA- Desa Rias di Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan (Basel) merupakan salah satu desa yang telah sukses membangun persawahan dan menjadi lumbung pangan Kab.Bangka Selatan sejak beberapa tahun lalu.

Kesuksesan tersebut tidak hanya diakui Pemerintah Kabupaten dan Provinsi, melainkan juga diakui oleh Pemerintah Pusat. Hal ini dibuktikan dengan sering hadirnya pejabat daerah maupun pejabat pusat dalam setiap kegiatan panen raya.

Prestasi tersebut juga yang membuat 52 petani asal desa Kemuja yang baru mendapat percetakan sawah melalukan studi banding ke desa Rias, Rabu (18/1), untuk melihat dan mempelajari bagaiman menggarap persawahan dengan baik.

Kehadiran petani desa Kemuja di desa Rias disambut langsung Sekretaris Pertanian, Rizal, didampingi oleh Petugas Penyuluh Pertanian, Kades Rias, dan perangkat desa setempat lainnya.

Dalam sambutannya Rizal mengucapkan selamat datang kepada para petani dari desa Kemuja yang telah datang ke desa Rias guna menimba ilmu tentang persawahan.

Ia mengatakan, para petani desa Kemuja memilih desa yang tepat untuk melakukan studi banding tentang persawahan, mengingat secara SDM, petani desa Rias sudah sangat mumpuni dalam menggarap sawah dan terbukti sukses.

“Saya ucapkan selamat datang kepada petani dari desa Kemuja ke desa Rias. Bapak-bapak (petani desa Kemuja-red) telah memilih desa yang tepat untuk melakukan Studi Banding tentang persawahan mengingat secara SDM petani desa Rias sudah sangat mumpuni dalam menggarap sawah dan terbukti sukses,” tandasnya.

Meskipun demikian menurutnya, pihaknya akan terus memperjuangkan beberapa infrastruktur persawahan yang masih kurang seperti jalan dan irigasi yang masih perlu dibenahi sehingga nantinya tidak adalagi keluhan petani terhadap infrastruktur persawahan serta akan terus mensosialisasikan teknologi pertanian terbaru kepada petani melalui PPL Desa Rias.

Penulis: Wiwin Suseno 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: