Home / BANGKA BELITUNG / Gelar Musrenbangdes, Pemdes Jeriji Sepakat Bentuk Bumdes “Batin Jiwat”

Gelar Musrenbangdes, Pemdes Jeriji Sepakat Bentuk Bumdes “Batin Jiwat”

TOBOALI, LASPELA- Setelah menggelar Musyawarah Rencana Pengembangan Desa (Musrenbangdes) tahun 2017, Pemdes dan BPD Jeriji sepakat mendirikan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang merupakan badan usaha yang bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat desa tersebut.

Bumdes yang diberi nama “Batin Jiwat” yang diambil dari nama tokoh sesepuh Desa Jeriji ratusan tahun silam tersebut rencananya akan segera dibuatkan badan hukum dengan pengurus sementara antara lain Pance, Lori, Bedi Wibowo, dan Erma yang merupakan putra-putri Desa Jeriji yang merupakan lulusan SMK, SMU dan Perguruan Tinggi.

Hadir dalam rapat pembentukan Bumdes “Batin Jiwat”  Desa Jeriji ini antara lain Pjs. Kades Jeriji, BPD Jeriji, Perangkat Desa Jeriji, LPM Jeriji, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda desa Jeriji.

Armanto selaku Pjs. Kades Jeriji mengatakan, pembentukan Bumdes tersebut telah ditetapkan dengan Peraturan Desa (Perdes) Desa Jeriji yang selanjutnya akan dibuatkan badan hukum dan bidang usahanya akan disesuaikan dengan potensi usaha yang sesuai kondisi ekonomi masyarakat itu.

“Pembentukan Bumdes ini telah ditetapkan dengan Peraturan Desa (Perdes) Desa Jeriji yang selanjutnya akan dibuatkan badan hukum dan bidang usahanya akan disesuaikan dengan potensi usaha yang sesuai kondisi ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Secara Permodalan, menurutnya, untuk sementara akan dilakukan penyertaan modal dari dana desa karena secara aturan memang diperbolehkan. Oleh karena itu, nantinya akan dilakukan  seleksi Direktur agar dapat menjalankan Bumdes dengan baik sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui Bumdes.

Kepala BPD Jeriji, Mimik Sugiarto menyarankan, agar Direktur yang memimpin Bumdes nantinya benar-benar diseleksi dengan baik sehingga menghasilkan orang yang kompeten dan sering diberikan pelatihan sehingga nantinya dapat membawa Bumdes Desa Jeriji lebih maju.

“Kami menyarankan agar Direktur yang memimpin Bumdes nantinya benar-benar diseleksi dengan baik sehingga menghasilkan orang yang kompeten dan sering diberikan pelatihan sehingga nantinya dapat membawa Bumdes Desa Jeriji lebih maju,” ungkapnya.

Penulis: Wiwin Suseno 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: