Home / ADVERTORIAL / Mimpi Irwansyah Masyhurkan Pesona Pangkalpinang dan Babel Kian Nyata
Menpora Imam Nahrawi ketika menerima kunjungan Plt Walikota Pangkalpinang M Irwansyah, Kamis (12/1/2017). Kunjungan Calon Gubernur Babel tersebut guna melaporkan perkembangan MX GP 2017 di ruang kerjanya lantai 10 Kantor Menpora Senayan, Jakarta. (foto kemepora)

Mimpi Irwansyah Masyhurkan Pesona Pangkalpinang dan Babel Kian Nyata

OLAHRAGA OTOMOTIF bertaraf internasional, MX GP  dihadirkan oleh Walikota Pangkalpinang M. Irwansyah Rebuin ke Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung setelah Rio Haryanto menembus Formula 1.

Persiapan fisik sirkuit se-kaliber Swiss itu  sudah melewati 80% dengan luas lahan 25 hektar di komplek GOR Sahabudin Pangkalpinang dan tinggal finishing di Bulan Februari 2017.

“Lahan yang telah tersedia selanjutnya siap dipasangi tribun penonton yang bisa dibongkar pasang. Sementara lintasan akan dibentuk beberapa hari menjelang hari-H pertandingan,” kata anggota tim persiapan, Adit, kepada wartawan, Sabtu (14/1/2017).

Wawan yang juga pemimpin Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Beitung itu memang memiliki nyali mempersembahkan event kejuaraan dunia motocross atau Motocross Grand Prix (MXGP) bagi tanah kelahirannya, bagi Negeri Serumpun Sebalai, dan bagi negaranya Republik Indonesia.

Tidak main-main, MX GP ini rencananya digelar di kota Pangkalpinang selama tiga musim sd tahun 2019. Musim pertama tanggal 4 dan 5 Maret 2017.

Kepastian Indonesia menjadi tuan rumah MXGP  diumumkan secara resmi oleh promotor MXGP, Youthstream, di sela-sela gelaran seri kedua event tersebut di Sirkuit Suphan Buri, Thailand, Maret 2016 lalu.

Melalui perjuangan yang dinamis dan tidak membebani APBD, akhirnya MXGP benar-benar bisa digelar di Kota Pangkalpinang.

Presiden Jokowi dan Menpora Imam Nahrawi mensupervisi langsung persiapan MXGP sebelum pelaksanaan.

Saat bertemu wartawan sport internasional Presiden Youthstream Group, Giuseppe Luongo, didampingi oleh Walikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah, serta Direktur Komisi Motocross dari federasi balap motor dunia atau Federation Internationale de Motocyclisme (FIM), Tony Skillington

Sedang dari tokoh otomotif nasional hadir Mulya Said, serta Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI Jakarta, A. Judiarto, yang  juga ditunjuk Kementerian Pemuda dan Olahraga sebagai koordinator penggalangan dana bagi pebalap F1 asal Indonesia, Rio Haryanto.

Irwansyah mengatakan, dirinya dan kota yang dia pimpin sangat bergairah untuk menjadi tuan rumah MXGP.  Indonesia sangat menggilai olahraga balap motor dan ingin semakin terlibat dalam event-event kelas dunia.  Pangkalpinang merupakan daya pikat tersendiri buat para crosser maupun penggemarnya di seluruh dunia.

“Kota Pangkalpinang dan masyarakatnya kini sedang bersolek dan siap menyambut tamu-tamu  dari seluruh dunia. Saya punya mimpi  melalui sport tourism ini Pangkalpinang bisa seperti Qatar, dan bisa lebih dikenal setelah MXGP diadakan di Pangkalpinang, Kepulauan Babel, Indonesia,”  kata Wawan.

Wawan memang punya kelebihan sebagai politisi muda yang tak hanya omong dan janji. “Itu karena kita tak ingin berwacana lalu baru bertindak. Kami ingin berbuat dulu, baru bicara ke media dan publik,” ucap Walikota Pangkalpinang ini di sirkuit Suphan Buri, Thailand, awal Maret 2016 silam.

Kejuaraan dunia motocross (FIM motocross World Championship) pertama kali digelar pada tahun 1957. Mulai tahun 1962 kejuaraan ini dibagi ke dalam dua kelas, yakni MX1 dan MX2.

Di tahun 2004 FIM memercayakan pengelolaan ajang ini kepada Youthstream Group, dan sejak 2014 kelas premier MX1 diganti namanya menjadi MXGP — dan menjadi ajang paling bergengsi di dunia motocross. (timwwn)

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: