Home / BANGKA BELITUNG / 2017, Badan SAR Pangkalpinang akan Tingkatkan Pelayanan
Deden Ridwansyah, S.Sos Kepala Kantor SAR Pangkalpinang.

2017, Badan SAR Pangkalpinang akan Tingkatkan Pelayanan

  • Siap 24 Jam Bantu Masyarakat
  • Komitmen Tingkatkan SDM dan Jalin Koordinasi
  • Deden Apresiasi Partisipasi Masyarakat Babel

PANGKALPINANG, LASPELA– Badan SAR Pangkalpinang di tahun 2017 ini berkomitmen meningkatkan sumber daya manusia (SDM), melengkapi sarana dan prasarana, serta menjalin koordinasi dan komunikasi dengan struktur instansi terkait.

Hal tersebut dinilai penting sebagai langkah awal mengantisipasi berbagai bencana yang kerap tak terduga seperi bencana banjir, kecelakaan baik di laut, udara dan lainnya.

“Kami (Badan SAR Pangkalpinang-red) akan lebih meningkatkan personil SDM, berkoordinasi dengan instansi terkait dalam hal memberikan peringatan atau antisipasi dini dalam segala hal yang bisa kami tangani,” kata Kepala Kantor SAR Pangkalpinang, Deden Ridwansyah, S.Sos ketika ditemui wartawan LASPELA, Jumat (6/1/2017) lalu.

Ridwansyah lantas mengapresiasi kepedulian masyarakat Bangka Belitung yang dinilainya luar biasa dalam hal membangun komunikasi dengan Badan SAR Pangkalpinang.

“Saya sangat mengapresiasi peran serta masyarakat Babel yang telah turut membantu kami selama ini. Peran masyarakat itu sendiri termasuk dalam 4 pilar keberhasilan misi kami yakni badan SAR dan pemerintah daerah, TNI/Polri dan lainnya,” ungkap Deden yang juga lulusan Perwira TNI AU itu.

Dia menambahkan, Badan SAR Pangkalpinang akan menempatkan satgas-satgas di pesisir pantai guna menggiatkan dan mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya safety first dalam setiap kegiatan pelayaran terutama bagi nelayan.

“Selain untuk koordinasi segala macam, kami juga akan menempatkan satgas-satgas untuk titik tertentu yang kami anggap rawan terjadinya sesuatu yang tidak kita inginkan. Nantinya para satgas ini dilengkapi alat keselamatan yang cukup agar dapat merespon dengan tanggap kejadian di wilayah tersebut,” tukas dia.

Deden juga berjanji ke depan akan meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat tentang keselamatan dalam berlayar. Terutama kepada nelayan agar selalu membawa alat pertolongan pertama seperti baju pelampung, serta alat perlengkapan lainnya.

Disinggung mengenai prediksi BMKG Pangkalpinang tentang intensitas curah hujan yang cukup tinggi di Babel saat ini, Deden Ridwansyah mengatakan, pihaknya siap membantu masyarakat Babel jika terjadi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

“Kami sudah antisipasi kalau akan terjadinya banjir. Mengingat, pada tahun 2016 lalu terjadi pada bulan Februari dan Maret. Menanggapi hal tersebut, kami sudah antisipasi dengan kesiapan personil dan koordinasi antar instansi terkait,” pungkas Deden sembari menyampaikan, Badan SAR Pangkalpinang selalu siap 24  jam dalam membantu masyarakat Babel.

Penulis: Abdullah Randi
Editor  : Stefan H. Lopis

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: