Home / BANGKA BELITUNG / Pemkab Bateng Serahkan Bantuan untuk Koperasi Nelayan
Plt Bupati Bateng Ibnu Saleh saat menyerahkan bantuan untuk koperasi nelayan di desa Sungai Selan

Pemkab Bateng Serahkan Bantuan untuk Koperasi Nelayan

  • Nelayan Sungai Selan Dapat Bantuan 17 Kapal
  • Pemda Janji Dukung Uni-unit Koperasi
  • Plt Beri Kartu Asuransi Nelayan

SUNGAI SELAN, LASPELA– Guna memajukan ekonomi kerakyatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah kabupaten Bangka Tengah (Bateng) memberikan bantuan kepada koperasi yang berada di desa Sungai Selan Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Plt Bupati Bateng, Ir H Ibnu Saleh, MM.

Ir H Ibnu Saleh, MM dalam sambutannya berharap agar para nelayan dan pengurus koperasi di daerah tersebut, dapat menjaga barang yang diberikan ini agar bisa digunakan sebagaimana mestinya.

“Dalam pengelolaanya dibutuhkan kekompakkan dan kebersamaan agar manfaat dari bantuan ini bisa dirasakan bersama-sama. Untuk menghindari perbedaan cara pemikiran, sebaiknya dilakukan musyawarah agar kemakmuran nelayan dapat tercipta,” ujar Ibnu Saleh Di Gedung Serba Guna Sungai Selan, Rabu (04/01/2017).

Ditambahkannya, Pemda Bateng akan terus mendukung unit-unit koperasi yang ada di Bateng baik dari anggaran APBDes dan APBD Kabupaten Provinsi hingga APBN, agar kesejahteraan nelayan dapat terus tercipta.

Selain itu, Ibnu Saleh juga menyerahkan 150 kartu asuransi keselamatan nelayan secara simbolis kepada perwakilan nelayan.

Usmin, ketua koperasi nelayan di Sungai Selan kepada wartawan mengaku bersyukur atas bantuan yang diberikan Pemkab Bateng. Dia berjanji akan menjaga serta melakukan pengelolaan bantuan tersebut dengan baik.

Untuk diketahui, beberapa jenis bantuan yang diserahkan terdiri dari: gillnet pertengahan PA monomulti 10 ply (Millenium) mesh size 4 inch 500 meter/11 piss, gill net permukaan PA monomulti 10 ply (Millenium) mesh size 4 inch 1000 meter/22 pis, gill net pertengahan PA monomulti 10 ply (Millenium) meah size 4 inch 500 meter/11 piss dengan jumlah keseluruhan 37 barang.

Sementara untuk para nelayan, Ibnu Saleh menyerahkan bantuan secara simbolis berupa alat tangkap ikan sebanyak 47 paket yang satu paketnya berisi 12 pices.

Selain itu para nelayan juga akan menerima bantuan sebanyak 17 kapal langsung dari verifikasi Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia diantaranya berukuran 5 GT sebanyak 15 unit, dan berukuran 10 GT sebanyak 2 unit dimana waktu rampung pembuatan kapal tersebut pada maret 2017 mendatang.

Berdasarkan pantauan Laspela, kegiatan penyerahan bantuan ini dihadiri Camat Sungai Selan,Kapolsek Sungai Selan dan Tim Pol Air Sungai Selan.

Penulis: Herdian Farid Effendi
Editor  : Stefan H. Lopis 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: