Home / NEWS / Dian Sastrowardoyo, Terinspirasi Sosok Kartini
Aktris Dian Sastrowardoyo

Dian Sastrowardoyo, Terinspirasi Sosok Kartini

Aktris Dian Sastrowardoyo, mengaku terkesan dengan sosok Raden Ajeng Kartini. Pemeran Cinta dalam Ada Apa dengan Cinta itu mengatakan, banyak terinspirasi dari Kartini.
“Terutama semangatnya yang tidak pernah luntur untuk mencapai kesetaraan gender,” ujar Dian di Epicentrum Walk, Jakarta belum lama ini.

Kecintaan Dian terhadap sosok Kartini semakin kuat ketika dia mendapat peran sebagai Kartini dalam film Kartini yang akan rilis tahun depan. Banyak sisi Kartini yang sebelumnya tidak pernah Dian ketahui terungkap melalui studi literatur.

“Mempelajari Kartini dalam sosok sebenarnya adalah pelajaran berharga sekali untuk saya, membuat saya semakin ngefans,” tutur perempuan berusia 34 tahun itu.

Mendapatkan peran sebagai Kartini, Dian begitu antusias. Semula, dia ditawari sutradara Hanung Bramantyo sebagai Ngasirah, ibu kandung Kartini. Namun, akhirnya berubah karena ada perkembangan alur cerita. “Ini adalah satu kesempatan dalam karier yang harus digunakan sebaik mungkin,” ujarnya.

Sebagai generasi muda yang merasakan hasil perjuangan Kartini, Dian tidak ingin berhenti sampai di sini. Dia menuturkan, masih banyak aspek perjuangan Kartini yang belum selesai.

“Kita masih punya banyak tantangan yang harus dijalani sebagai kaum perempuan, termasuk bagaimana bersikap diri,” ujar perempuan yang gemar olahraga lari ini.

harnas.com

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: