Home / BISNIS / Pertamina Naikkan Harga BBM Khusus Hari Ini 
Ilustrasi pengisian BBM

Pertamina Naikkan Harga BBM Khusus Hari Ini 

PT Pertamina (Persero) menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), hari ini, Jumat (16/12). BBM jenis Pertamax, Pertalite, dan Dexlite mengalami kenaikan harga Rp150 per liter, sementara BBM jenis Pertamax Turbo tetap.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari website Pertamina dan surat keputusan resmi Direktur Pemasaran Pertamina, harga baru tersebut berlaku mulai 16 Desember 2016 pukul 00.00 WIB.

BBM jenis Pertamax, Pertalite, dan Dexlite mengalami kenaikan harga Rp150 per liter. Pertamax semula Rp7.600 menjadi Rp7.750 per liter. Pertalite semula Rp6.900 menjadi Rp7.050 per liter. Kemudian, Dexlite mengalami kenaikan dari semula Rp6.750 menjadi Rp6.900 per liter. Untuk Pertamax Turbo, Pertamax Plus, dan Pertamina Dex, tidak mengalami perubahan.

Direktur Marketing Pertamina M Iskandar mengatakan, perubahan harga Bahan Bakar Khusus (BBK) ini memang dilakukan oleh perseroan setiap dua minggu sekali. Perubahan harga tersebut mengacu pada harga minyak dan kurs dolar Amerika Serikat.

“Kalau BBM nonsubdidi memang kita evaluasi dua minggu sekali. Kita lihat kecenderungannya kalau tidak ada penurunan ya pasti akan naik. Nilainya juga tidak signifikan, kan kemarin kita sudah naikan, karena nilai tukar rupiah merosot lagi,” jelas Iskandar.

Di lain sisi, rival Pertamina, yakni Shell Indonesia masih mempertahankan harga BBM mereka. Menurut pantauan langsung ke SPBU Shell, mereka tidak mengubah harga BBM jenis Super, V-Power, dan Diesel. Untuk Super masih dibanderol Rp7.950 per liter, V-Power Rp9.100 per liter, dan diesel Rp8.850 per liter.

Sumber: Metrotvnews

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: