Home / BANGKA BELITUNG / Resensi: Parhan Optimalkan Potensi Menuju Babar Hebat 2021
Tabloid Sejiran Setason Edisi 1 Tahun 2016.

Resensi: Parhan Optimalkan Potensi Menuju Babar Hebat 2021

Membaca Tabloid Sejiran Setason yang diterbitkan Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika (Dishubparbudinfo) Kabupaten Bangka Barat (Babar) ini, seperti menelusuri potensi luar biasa yang dimiliki Babar mulai dari kegiatan pemerintahan, potensi desa, termasuk potensi wisata, seni, dan budaya.

Konfigurasi potensi daerah demi kesejahteraan masyarakat tersebut baru akan terwujud manakala sinergitas dan kebersamaan lintas elemen terjalin harmonis. Sinergitas dan kebersamaan itulah yang senantiasa digaungkan Bupati Babar, Drs. H. Parhan Ali, MM dan Wakil Bupati, Markus SH.

Tabloid Sejiran Setason memiliki tema yang terdiri atas lima bagian: fokus daerah, program daerah, sosialisasi, artikel, dan profil tokoh.

Desa Pangkal Beras yang diulas dalam fokus daerah kali ini seakan menggiring pembaca untuk bernostalgia tentang sebuah desa yang tenang, bersahaja dan asri. Lewat berbagai gambar yang ditampilkan, Desa Pangkal Beras masih teguh memegang kearifan lokal, karena tanah, hutan, dan sungai telah menjadi wadah sosial kesehariannya. Tradisi pesta kampung seperti memasak dodol, dan seni beladiri pencak silat  pun menjadi bagian tak terpisahkan desa ini.

Sementara program daerah yang mengangkat Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), ingin menunjukan komitmen Pemda Babar untuk mencapai derajat kesehatan yang tinggi serta pencegahan dan penanggulangan berbagai macam penyakit. Terkait PHBS ini, Babar tercatat menyabet sejumlah prestasi mulai dari tingkat daerah hingga nasional.

Untuk semakin meningkatkan partisipasi publik dalam pembangunan daerah, Babar juga terus berinovasi dengan kemajuan teknologi saat ini, salah satunya dengan mensosialisasikan e-faktur (faktur pajak berbentuk elektronik).

e-faktur  merupakan faktur pajak yang dibuat melalui aplikasi untuk memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi pengusaha kena pajak (PKP).

Selain itu pada bagian artikel, pembaca akan diantar pada sebuah pemahaman akan pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ternak.

Dan pada bagian terakhir dari Tabloid Sejiran Setason, pembaca akan berjumpa dengan sosok Parhan Ali, yang tak lain Bupati Bangka Barat saat ini.

Parhan Ali, sebagaimana dideskripsikan dalam Tabloid Sejiran Setason, merupakan Bupati Babar ke-3. Ini merupakan kesempatan kedua bagi Parhan menjadi Bupati Babar setelah sebelumnya terpilih pada periode 2005-2010 silam.

Niat, kerja keras, dan semangat mengabdi mewujudkan Babar Hebat bersama seluruh elemen masyarakat menjadi motivasi kuat bagi Parhan saat ini.

Dengan mengusung visi dan misi “Menuju Kabupaten Bangka Barat Hebat 2021” Parhan ingin menjadikan Babar memiliki tata kelola pemerintahan yang baik, berdaya saing tinggi, masyarakat yang berkualitas, dan pembangunan berkesinambungan dengan lingkungan hidup yang lestari.

Bernostalgia itu membahagiakan, dan Tabloid ini berhasil melakukannya. Setidaknya di beberapa halaman akan membuat pembaca, siapapun itu, terkesima akan pesona Babar, menyunggingkan senyum dan bersyukur akan pesona Babar nan memukau.

Resensator: Stefan HL

 

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: