Home / BANGKA BELITUNG / Babar Promosikan Potensi Perikanan ke DKI

Babar Promosikan Potensi Perikanan ke DKI

MUNTOK, LASPELA– Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Babar) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan ( DKP) mengadakan pertemuan dengan Perwakilan Pemprov DKI Jakarta bertempat di Gedung OR II, Jumat (14/10/16). Agenda pertemuan tersebut ialah promosi ihwal potensi sektor perikanan yang ada di Bumi Sejiran Setason itu.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Wabup Markus SH,Kepala DKP Amir Hamzah, Direktur PT.Citra Dimensi Arthali Eddy Surya, dan beberapa kepala SKPD Bangka Barat.

Dalam paparan yang disampaikan Kepala DKP, Amir Hamzah, mengungkapkan, Babar memiliki potensi perikanan meliputi perikanan tangkap,perikanan budidaya dan pengolahan produk perikanan.

“Potensi kelautan dan perikanan di Babar sangat besar karena sekitar 85 persen wilayah ini adalah lautan. Potensi perikanan yang dimiliki Babar terdiri dari perikanan tangkap , perikanan budidaya dan pengolahan produk perikanan. Komoditas hasil kelautan dan perikanan yang dikembangkan merupakan komoditas unggulan yang terdiri dari ikan dan biota laut ekonomis tinggi serta komoditi hasil budidaya perikanan,” jelasnya kepada Laspela, Kamis (14/10/16).

Menurut Amir, potensi perikanan tangkap pada tahun 2015 sebesar 14.113,50 ton, dimana yang baru dimanfaatkan sekitar 95 persen. Sementara potensi perikanan budidaya laut ( kerang darah) tahun 2015, sebesar 733 ton yang baru dimanfaatkan 80 persen.

Menanggapi hal itu, Direktur PT. Citra Dimensi Arthali, Eddy Surya, yang juga perwakilan Pemprov DKI Jakarta, mengatakan, pihaknya sangat tertarik untuk berinvestasi di Bangka Barat khususnya dalam sektor perikanan .

“Kami sangat tertarik untuk kerjasama dalam sektor perikanan di Babar, apalagi Kepala Daerah ( Bupati/Wagub) sangat Welcome sehingga memberikan keyakinan kepada kami, untuk dapat  mewujudkan kerjasama ini, dan kami rasa itu merupakan modal awal yang penting selain potensi yang dimilki Babar,” Kata Eddy Surya didampingi Dirut PD Darmajaya, Marina, kepada Laspela, Kamis (14/10).

Guna mewujudkan kerjasama di sektor perikanan, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan peninjauan ke lapangan untuk melihat dan memahami potensi-potensi sektor perikanan di Babar.

“Untuk lebih memahami tentang potensi sektor perikanan disini (Babar-red) tahap awal kami akan melakukan peninjauan langsung ke lapangan. Dengan demikian, kami akan mengetahui dan memahami peluang di sektor perikanan apa saja yang bisa dikembangkan , karena kami ingin kerjasama ini bisa dilakukan untuk jangka panjang,”pungkasnya.

Penulis: Krisna
Editor : Stefan HL

 

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: