Home / BANGKA BELITUNG / Pemkab Babar Ingin Swasembada Beras 

Pemkab Babar Ingin Swasembada Beras 

Penyerahan Bantuan Traktor Tangan ke Petani

MUNTOK, LASPELA- Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Babar) menyalurkan puluhan unit mesin traktor tangan untuk membantu petani dalam menggarap lahan sawah di daerah itu.

Traktor tangan tersebut merupakan bantuan dari Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) kementerian pertanian yang diberikan kepada 14 kelompok tani di Bangka Barat terdiri dari kelompok tani Kecamatan Kelapa sebanyak 15 unit , kelompok tani Simpang Teritip 8 unit, kelompok tani Kecamatan Tempilang 6 unit,  dan kelompok tani Muntok sebanyak 1 unit. Bantuan itu diserahkan secara simbolis oleh Bupati H Parhan Ali MM.

“Saya harap bantuan mesin traktor tangan ini  dapat dimanfaatkan sebaik- baiknya sehingga dapat meningkatkan produktivitas para kelompok tani di Bangka Barat, dengan kerja nyata dan kerja keras kita. Semoga apa yang menjadi salah satu visi-misi kami (Bupati-Wakil Bupati-red) dapat terwujud yakni  meningkatkan swasembada beras guna mendukung  Bangka Barat Hebat tahun 2021,” ujar Parhan dalam sambutannya, Jumat (7/10) kemarin.

Wujud Keseriusan

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Bangka Barat, Azmal Az mengatakan, bantuan traktor tangan tersebut merupakan wujud keseriusan pemerintah pusat dalam membantu petani, sekaligus mendorong peningkatan produksi pertanian untuk mewujudkan ketahanan pangan daerah dan nasional.

Azmal menambahkan, selain bantuan traktor tangan,  tahun ini pemerintah juga akan menyalurkan alat mesin pertanian ke kelompok tani berupa traktor roda empat sebanyak 20 unit, mesin pompa air 20 unit dan mesin tanam padi 13 unit.

“Kami minta kelompok penerima bisa memanfaatkan bantuan sebaik-baiknya untuk menunjang produksi dan saya ingatkan jangan lupa membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan alat tersebut per triwulan,” tutup Azmal.

Berdasarkan pantauan LASPELA, turut hadir dalam kesempatan itu Wakil Bupati Markus SH, Sekda Yanuar, anggota DPRD Provinsi Babel Dedy Wijaya, Danramil Muntok May Inf Sahudi, Kepala SKPD,asisten, staf ahli Pemkab Babar serta puluhan perwakilan kelompok tani dari enam Kecamatan di Bangka Barat.

Penulis : Krisna
Editor    : Stefan HL

About Stefanus Laspela

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d bloggers like this: